Siswa Sekolah Hamzah Fansuri Belajar Menulis Opini

Siswa Sekolah Hamzah Fansuri (SHF), Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 belajar menulis opini bersama Thayeb Loh Angen di Kantin Smea, Lampineung, Minggu (22/11/2015). Foto: Evan Saputra. 
Banda Aceh- Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri (SHF), Angkatan II Tahun 2015 belajar menulis opini bersama Thayeb Loh Angen di Kantin Smea, Lampineung, Minggu (22/11/2015).

Tampak siswa yang hadir hanya 3 orang dari 10 orang keseluruhan yang mendaftar untuk gelombang kedua. Munurut T. Mukhlisin salah satu siswa SHF yang hadir, siswa yang lain sedang sibuk dengan tugas dan agenda kampus dan juga beberapa orang memang sudah tidak bisa hadir lagi untuk belajar.

“Hari ini hanya bertiga, bahkan ketua kelas pun tidak bisa hadir, beliau memohon izin karena harus pulang kampung untuk beberapa hari,” ujar Ampon Mukhlis sapaan akrab T. Mukhlisin.

Minimnya jumlah siswa yang hadir membuat durasi belajar lebih singkat dari biasanya. Ditambah lagi hanya 2 orang dari 3 yang hadir yang menyelesaikan penulisan opini, tugas sebelumnya.

“Kalau seperti ini jumlah yang hadir, pertemuan tidak akan berlangsung lama,” ungkap Syukri di sela-sela menyelesaikan artikelnya sebelum diserahkan untuk dikoreksi bersama.

Sementara itu, Composer lagu Bungong Sitahon yang juga pengasuh Sekolah Hamzah Fansuri (SHF), Thayeb Loh Angen mengatakan penulisan artikel atau opini lebih mudah dan lancar. Ini disebabkan karena siswa sebelumnya sudah terlebih dulu belajar bagaimana menulis straight news dan feature. Sehingga hanya dibutuhkan 2 pertemuan saja untuk belajar materi penulisan opini.

“Pertemuan berikutnya kita akan belajar menulis cerpen, mohon semuanya pertemuan yang akan datang masing-masing membawakan contoh cerpen,  baik dari koran maupun bukan diharapkan semuanya cerpen yang sama,” pinta bang Thayeb panggilan akrab beliau sekaligus menutup sesi pertemuan itu.

Laporan Evan Saputra, Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri, Angkatan II Tahun 2015.
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki