Sekjen HUDA Minta Pemerintah Aceh Dekati Turki

Tgk Bulqaini Tanjungan, akrab disapa Tu Bulqaini.
Banda Aceh - Sekretaris Jenderal Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk Bulqaini Tanjungan -akrab disapa Tu Bulqaini- menyambut gembira atas kemenangan AKParti dalam pemilu sela yang baru saja berlangsung di Turki.

“Saya betul-betul terharu dan sangat gembira sekali mendengar AKParti menang pemilu sela di Turki. Andainya mampu, saya akan datang ke Turki memberikan ucapan selamat kepada para pemimpin AKParti,” kata Tgk Bulqani di Banda Aceh, Senin, (2/11/2015).

Tgk Bulqaini berharap Turki memimpin dunia Islam di era modern dengan menegakkan kembali Khilafah Turki Usmani yang pernah tegak di Turki di masa lalu. Ia mengharap, seiring kebangkitan Islam di Turki, semoga peradaban Islam di Aceh akan segera bangkit dengan penarapan syari’at Islam dan persatuan ummat dalam Ahlusunnah wal jama’ah paham Asy’ari dan Maturidi.

“Saya berharap Aceh bisa mengambil manfaat dari momentum kebangkitan Turki dengan membangun relasi dan kerjasama yang baik dalam waktu secepat mungkin. Relasi ini telah berlangsung sejak dahulu status Aceh sebagai Kerajaan Aceh Darussalam yang memiliki kemitraan strategis dengan Turki dengan saling membantu antara satu sama lain katanya lagi menambahkan,” kata Bulqaini.

Tgk Bulqaini yang organisasinya ini menaungi ratusan Pondok Pesantren di Aceh dengan jumlah santri yang mencapai ribuan ini berharap agar terbangun kerjasama yang baik antara Aceh dan Turki dalam bidang pendidikan, bagaimana agar semakin banyak pelajar Aceh yang belajar di Turki agar mereka mampu menyerap strategi Turki dalam membangun negara modern yang Islami untuk kemudian mereka pulang kembali ke Aceh dan terlibat dalam pembangunan.

 “Aceh dan Turki memiliki banyak kesamaan sehingga memperkuat kerjasama bidang pendidikan ini sangat penting bagi Aceh khususnya. Agar hal ini terwujud, kita akan membangun komunikasi dengan pemerintah Aceh supaya semakin mempererat kerjasamanya dengan Turki,” tegas Tgk Bulqaini.

Laporan Teuku Zulkhairi
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki