Buat Kursi Taman Khusus Perempuan, Turki Lebih Maju dari Rekan Eropanya

Kursi-kursi berbentuk bunga tulip besar ini dibuka bila akan digunakan.
Sebuah kawasan di Istanbul memasang 600 kursi taman yang dirancang untuk digunakan oleh perempuan yang merasa tidak nyaman duduk sebangku dengan orang asing. Ini mencerminkan, Turki selangkah lebih maju daripada negeri lain di Eropa yang mengampanyekan kesetaraan gender dan Hak Asasi Manusia (HAM). 
Sebelumnya, Turki menyediakan kotak khusus makanan untuk kucing dan anjing jalanan di tempat umum. Kenyataan ini terjadi setelah AKParti yang membela Islam pimpinan Recep Tayyip Erdogan memimpin negara dua benua ini.
Kursi-kursi berwarna cerah yang mengalihkan perhatian di kawasan Avcilar, Istanbul itu, bisa diputar 360 derajat sehingga para wanita bisa menghadap arah yang mereka inginkan, lapor situs berita Haberler.
Ada juga tempat untuk menggantung tas.
Jika tidak digunakan, kursi-kursi taman ini dapat dilipat membentuk bunga tulip.
Bunga tulip adalah bunga asal Turki dan sangat populer di Istanbul, yang sering mengadakan festival bunga tulip tahunan.
Walikota Handan Toprak mengatakan ia memiliki gagasan setelah melihat seorang wanita yang berpakaian konservatif, tampak lelah, tidak ingin duduk di bangku bersama seorang pria yang asing.
"Saya tahu mereka khawatir bila duduk dengan orang asing, dengan laki-laki yang tidak mereka kenal, akan memicu rumor bahwa wanita di bangku yang sama itu berselingkuh," katanya seperti dikutip harian Daily Sabah.
"Kita harus memberikan pilihan pada wanita, pilihan yang bebas." Toprak mengatakan 600 kursi lainnya akan segera dipasang di lebih banyak lokasi sekitar kawasan tersebut.[] Sumber:bbcindonesia.com/portalsatu.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki