Malik Mahmud Sebaiknya Lepaskan Diri dari PA


BANDA ACEH - Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud Al Haitar, diharapkan melepaskan diri dari Partai Aceh (PA). Dengan demikian, semua pihak akan merasakan bahwa Wali Nanggroeadalah milik seluruh rakyat Aceh.
Hal itu disampaikan Thayeb Loh Angen, mantan kombatan GAM dan juga penulis novel ‘Teuntra Atom’ dan buku ‘Aceh 2025’, kepada Serambi, Sabtu (24/10). Menurut dia, idealnya Wali Nanggroe secara utuh menjadi tokoh pemersatu yang mampu berdiri netral di antara banyak golongan.
“Memang, sebagai penandatangan perdamaian Aceh dengan RI,Malik Mahmud sekaligus pendiri PA. Namun untuk menyatukan Aceh, ketergabungannya dengan satu partai sebaiknya dihentikan secara resmi,” kata Thayeb.
Thayeb menyadari, sebagai seorang tokoh terbesar di Aceh, sosokMalik Mahmud tentu akan mampu mengangkat citra PA. Namun untuk jangka panjang, hal itu menurutnya tidak baik, sebab akan merugikan PA dan Malik Mahmud sendiri.
“Hendaknya petinggi Partai Aceh, terutama ketua umumnya Muzakir Manaf agar berjiwa besar untuk merelakan Wali Nanggroemenjadi milik rakyat seutuhnya. Sebaiknya jangan lagi melibatkanWali Nanggroe ke dalam partai. Itu akan mengecilkannya,” kata Thayeb.
Apabila dilepaskan dari PA, kata Thayeb, niscaya para penentang keberadaan Lembaga Wali Nanggroe atau lawan politik PA akan berbalik arah mendukung Wali Nanggroe. “Misalnya, orang tidak suka PA, tapi suka Wali Nanggroe. Namun karena Malik Mahmuddalam PA, maka mereka tidak dukung. Atau sebaliknya, orang tidak suka Malik Mahmud, tetapi menerima PA, namun karena tergabungkan, maka PA pun tidak dia dukung,” kata Thayeb.
Thayeb mengatakan, jabatan setingkat gubernur atau DPRA (Dewan Perwakilan Rakyat Aceh) boleh dikaitkan dengan partai politik. Namun untuk setingkat Wali Nanggroe, itu jangan dilakukan.
“Ubahlah strategi tentang Wali Nanggroe. Relakanlah Wali Nanggroe itu milik semua rakyat Aceh, supaya ia benar menjadi tokoh pemersatu,” demikian Thayeb Loh Angen.Serambinews.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki