Angkatan II 2015 Sekolah Hamzah Fansuri Belajar Menulis Berita

Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 Sekolah Hamzah Fansuri (SHFbelajar lanjutan menulis berita di kantin SMEA (SMK Blud), Lampineung, Banda Aceh, Selasa malam, (27/10/2015). Foto: Mustakim.

Laporan Mukhlisin, Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 Sekolah Hamzah Fansuri.
BANDA ACEH - Sejumlah 6 orang peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 Sekolah Hamzah Fansuri (SHFbelajar lanjutan menulis berita di kantin SMEA (SMK Blud), Lampineung, Banda Aceh, Selasa malam, (27/10/2015).

Pengajar SHF, Thayeb Loh Angen mengatakan, keenam peserta ini hampir menguasai teknik menulis straight news. Hanya ada satu atau dua orang yang belum begitu paham. Namun dengan tekad dan perjuangan yang keras, kata dia, insya Allah semuanya akan lancar menulis.

“Dalam menulis straight news, harus sering membaca berita orang lain. Lihat berita di koran dan pelajari satu per satu, berita langsung tidak boleh ada kalimat yang bersifat karangan dari penulis. Semua isi berita murni dari sumber orang yang berkaitan,” kata Thayeb.

Thayeb menjelaskan, pelajar diwajibkan untuk menguasai rumus menulis, yaitu 5W+1H, karena ini panduan dasar dalam menulis berita singkat. Tulisan tanpa rumus tersebut bukan berita.

Mustakim, ketua Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 SHF mengatakan, dari keenam pelajar ini memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

“Walaupun kami punya pengetahuan yang tidak sama,  tetapi di sini kami mencoba untuk fokus dalam belajar menulis, dan mencoba menggali sebanyak mungkin informasi untuk kami uraikan dalam bentuk tulisan,” kata Mustakim.

Mustakim menjelaskan bahwa belajar menulis tersebut merupakan kesempatan yang langka untuk belajar jurnalis.

“Ini sebuah kesempatan yang tidak kami sangka, ada seorang guru yang mau mengajari kami dengan penuh semangat dan ikhlas tanpa meminta uang sepeser pun untuk membantu kami menjadi penulis yang handal,” kata ketua ketua Kelas Sastra dan Perkabaran Angkatan II Tahun 2015 Sekolah Hamzah Fansuri.*
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki