Thayeb Loh Angen: Udin Pelor Sakit, Mari Kita Kunjungi

Udin Pelor di Taman Ghairah (Taman Putroe Phang), 2012. Foto: Lisma Linda.
Banda Aceh - Penulis novel Aceh 2025, Thayeb Loh Angen, mengajak rekan-rekan seniman dan masyarakat umum untuk menjenguk seniman Aceh yang melegenda, Udin Pelor (70) yang sudah sebulan lebih terbaring lemah di rumahnya, Banda Aceh.

Thayeb mengatakan, pada Sabtu 29 Agustus 2015, Udin Pelor mengirimkan pesan singkat dalam jumlah banyak padanya, berisi puisi berjudul ‘Udin Pelor di Kala Senja”.

“Keberadaan Udin Pelor, sebagaimana seniman  lainnya yang beberapa tahun ini meninggal dunia, mengajarkan kita betapa mirisnya nasib seniman di Aceh. Beberapa bulan lalu kita kehilangan
Maestro Seudati Syeh Lah Geunta, tahun lalu kehilangan penyair dan pedebus Yun Casalona dan penyair Doel CP Alisah,” kata Thayeb, di Banda Aceh, (30/08/2015).

Seniman di Aceh, kata Thayeb, baik pemusik, penulis, pelukis, dramawan, penyair, dan sebagainya, belum mampu menghidupi dirinya dengan karya mereka, tanpa melakukan kegiatan lain yang kadang berjauhan dengan penciptaan seninya.

“Marilah kawan-kawan, kita kunjungi seniman legendaris ini. Juga, kawan-kawan yang ingin membuat Kemah Seniman Aceh, sebaiknya menyertakan Udin Pelor. Kalau belum sehat saat acara nantinya, setidaknya nama dan karyanya disebut. Udin Pelor mencerminkan nasib kita,” kata Thayeb.

Thayeb mengaku, dalam beberapa hari ini, akan mengajak langsung para seniman, terutama yang menetap di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk mengunjungi Udin Pelor.

“Tahun lalu saya mengajak kawan-kawan peduli pada keluarga Yun Casalona. Juga beberapa bulan lalu, berencana mengunjungi rumah duka Syeh Lah Geunta di Aceh Timur, namun batal. Sayangnya, saat Doel CP Alisah tutup usia, saya di luar Banda Aceh. Sebaiknya kita saling membantu, setidaknya saling bersilaturrahim, selagi masih bisa,” kata Thayeb.pd
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki