14 Juli, Belasan Ormas di Aceh Ajak Satukan Islam di Asia Tenggara



Banda Aceh - Belasan Organisasi Massa (Ormas) di Aceh akan menyelenggarakan silaturrahmi dan dialog bertema "Meneguhkan persatuan dalam mengembalikan peradaban Islam di Aceh" Selasa sore, 14 Juli 2015 di Dayah Thalibul Huda, Gampong Bayu, Lamcot, Kec. Darul Imarah, Aceh Besar.

Ketua panitia acara, Tgk Hasbi Albayuni mengatakan, acara ini diselenggarakan karena keprihatinan pihaknya di mana akhir-akhir ini sering kali terjadi keretakan di tengah-tengah masyarakat oleh sebab persoalan-persoalan kecil.

“Kita selenggarakan acara silaturrahmi dan dialog ini dengan harapan antara sesama masyarakat Aceh, khususnya antar sesama Ormas senantiasa terbina ukhuwah Islamiyah yang kuat sehingga peradaban Islam di Aceh kembali muncul," kata Tgk Hasbi yang juga anggota Majlis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh ini.

Direncanakan, kata Tgk Hasbi, dialog dan silaturrahmi ini akan dimulai setelah selesai shalat Ashar berjama’ah. Beberapa tokoh sudah memastikan hadir, termasuk wakil Rektor UIN Ar-Raniry Dr Syamsul Rijal, M.Ag. Setelah dialog selesai akan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Sementara itu, sekretaris panitia, Teuku Zulkhairi mengatakan, pihaknya sudah mencoba menghubungi ormas Islam dan ormas kepemudaan di Aceh untuk terlibat dalam acara ini. Ormas-ormas yang sudah menyatakan akan hadir yaitu KAMMI, Rabithah Thaliban Aceh (RTA), Pemuda Dewan Dakwah Aceh, Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA).

Telah menyatakan hadir pula Ikatan Da’i Indonesia (IKADI), Majlis Dakwah al-Bahjah, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh, Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT), Inshauddin, Pemuda Muhammadiyah dan PWNU Aceh, dan Ormas Al Kahar.

"Format acaranya acara  silaturrahmi dan dialog ini, nanti setiap pimpinan Ormas atau siapapun yang ditokohkan akan memberi orasi sekitar tujuh menit tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam menjaga solidaritas dan persatuan masyarakat Aceh. Semua akan berbicara tentang kesamaan antara satu dengan yang lain, bukan perbedaannya. Dan orasi ini akan direkam dan nanti disiarkan di Youtube sehingga bisa disaksikan masyarakat Aceh dan dunia," ujar Zulkhairi.

Zulkhairi menyatakan, saat ini umat Islam di Asia Tenggara menanti kebangkitan peradaban Islam di Aceh. Mereka akan bangkit jika umat Islam  di Aceh telah bangkit.

"Kerja-kerja kita di Aceh akan menjadi model bagi umat Islam di dunia Melayu khususnya, dan umat Islam dunia umumnya. Oleh sebab itu, kita harus berikan keteladanan dalam membangun peradaban," kata Zulkhairi.pd
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki