Sekolah Hamzah Fansuri Sambut Baik Rencana Kongres Peradaban Aceh


Banda Aceh - Sekolah Hamzah Fansuri (SHF) yang tengah menjalankan Kelas Sastra dan Perkabaran menyambut baik rencana Kongres Peradaban Aceh bertema "Penguatan Bahasa-bahasa Lokal di Aceh" yang akan dilaksanakan Oktober 2015 di Banda Aceh atas gagasan Forum Diaspora Aceh Jakarta.

Pengurus SHF, Thayeb Loh Angen, mengatakan, rencana tersebut merupakan langkah maju dari politisi yang selama ini lupa tentang keberadaan Aceh. Ternyata, kata Thayeb, kesadaran dari politisi muncul juga akhirnya.

"Selama ini kaum muda berteriak-teriak tentang peradaban dan apa saja. Namun suara kami kecil, walaupun terdengar sayup-sayup. akan tetapi apabila kaum tua dan poltisi telah mengambil andil, maka Aceh Baru akan segera terbentuk," kata Thayeb yang juga aktivis di Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT) ini.

Tema yang akan diangkat tersebut, kata Thayeb, mendukung ide persatuan Aceh dengan menghargai kekayaan budaya masing-masing wilayah. Thayeb menegaskan bahwa pengakuan pada keberagaman dan kesamaan budaya adalah pemersatu yang terbaik.

"Rencana para politisi ini memang terlambat, akan tetapi lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Kita tidak akan menganggap rencana tersebut sebagai kampanye, akan tetapi kita menilai itu adalah rencana yang baik dari politisi dan kaum tua. Semoga Allah merestuinya," kata penulis novel Aceh 2025 ini.

Thayeb menyebutkan bahwa beberapa tahun lalu kongres bahasa daerah pernah dilakukan oleh pemerintah di Aceh, akan tetapi gagal karena sistemnya salah. Pada waktu itu, kata Thayeb, bahasa pengantar dalam kongres tidak disebutkan sehingga acara kacau dan bubar.

"Panitia harus menentukan bahasa pengantar acara ini, yakni bahasa Melayu/Jawi/Indonesia, Kegagalan pada acara lalu terjadi karena masing-masing wilayah berbicara dengan bahasa suku mereka sendiri dan sebagian hadirin tidak mengerti. Untuk itulah maka di kongres nanti, semua hadirin harus menyampaikan bahasa daerahnya dengan bahasa persatuan," kata Thayeb mengutip isi bincangan dengan seorang yang pernah mengukuti kongres bahasa beberapa tahun lalu.
 
 
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki