Partai Erdogan Menangkan 40,8 % Suara 258 Kursi di Parlemen Turki



Ankara - Televisi Negara Turki yang memiliki stasiun di beberapa negara, TRT Turk, canel utama (TRT 1 HD Canli) merilis hasil penghitungan suara pemilihan anggota wakil rakyat Turki yang berlangsung pada Minggu, 7 Juni 2015.

Hitungan yang dirilis tersebut berdasarkan dari 99,9 % suara yang telah dikumpulkan dari berbagai wilayah di Turki, termasuk penduduk Turki di luar negeri yang ikut pemilu yang menentukan masa depan negara bekas negara adidaya Turki Usmani tersebut.

Partai AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan masih tetap memperoleh suara terbanyak untuk kursi parlemen, akan tetapi gagal mencapai suara terbanyak tungal.

TRT 1 H Canli melaporkan bahwa Partai AKP meraih 40,8 suara dengan 258 kursi, Partai CHP meraih 25,0 suara dengan 132 kursi, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) meraih 16,3 suara dengan 81 kursi, Partai Rakyat Demokrasi pro-Kurdi (HDP) meraih 13,1 suara dengan 79 kursi, partai Higer meraih 4,8 tanpa satu pun kursi.

Perdana Mentri Turki Ahmet Davutoğlu berpidato di hadapan jutaan rakyat saat penghitungan suara di ibukota Ankara. Dengan penuh semangat, Davutoğlu menyikapi hasil hitungan tersebut seraya menenangkan rakyatnya tentang beberapa kekacauan kecil menjelang pemilu, seperti letusan bom amatir yang menewaskan beberapa orang.

“Negara kita menjalankan sistem demokrasi yang kuat. Begitulah yang kita pertunjukkan pada rakyat Turki dan dunia. Kita tetap mementingkan keamanan nasional Turki. Kita adalah bangsa yang besar yang mampu bersikap sesuai kepentingan negara kita sendiri. Kemerdekaan Turki adalah segalanya,” kata Ahmet Davutoğlu.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki