Islam Berkembang Pesat di Turki

Teuku Zulkhairi dan mahasiswa Aceh di Istanbul saat membacakan Istanbul Beyannamesi (Deklarasi Istanbul), di halaman mesjid bersejarah Yeni Cemi, Amononu, Istanbul, Turki, 17 Mei 2015. Foto: Teuku Farhan.

Banda Aceh - Negara Turki dulu dikuasai oleh partai sekuler serta aktifitas yang menyangkut tentang keislaman dilarang di sana. Namun sekarang Turki telah berevolusi, kebangkitan Islam mulai terlihat. Hal ini disampaikan oleh Teuku Zulkhairi dan Teuku Farhan dalam “Bincang Budaya” yang dilaksanakan oleh organisasi PuKAT (Pusat Kebudayaan Aceh Turki), di Gedung Sultan II Selim, Banda Aceh, Selasa 26 Mei 2015.

Teuku Zulkhairi dan Teuku Farhan merupakan delegasi Aceh yang dikirim oleh organisasi Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT) ke Istanbul, Turki, dalam acara pergelaran pameran majalah Islam se-dunia. Acara ini dilaksanakan selama seminggu, yang dihadiri oleh beberapa delegasi negara muslim lainnya.

Zulkhairi mengatakan bahwa Islam di Turki telah berkembang sangat pesat. Masyarakat di sana telah memiliki semangat baru untuk mengembalikan kejayaan Islam semasa Dinasti Turki Utsmani, yang sekarang di bawah pimpinan presiden yang pro-Islam, Recep Tayyib Erdogan.

“Selama kami berkunjung ke sana, simbol atau lambang kerajaan Turki Utsmani banyak kami dapatkan di beberapa tempat, baik itu di sekolah, kantor pemerintahan, bahkan di beberapa sudut restauran juga terdapat simbol atau lambing tersebut,” ujar Zulkhairi sambil menunjukkan lambang Turki Utsmani, Selasa (25/05).

Sementara menurut Teuku Farhan, Turki di abad ini sedang mendeklarasikan Islam. Pameran majalah Islam di Istanbul merupakan salah satu bentuk deklarasi yang dilaksanakan.

“Pergelaran pameran majalah Islam di Istanbul dihadiri oleh beberapa negara Islam mayoritasnya dan Negara Non-Islam minoritasnya,” ujar Farhan.

Menurut Farhan, Ukraina juga menghadiri pameran majalah Islam ini. Karena Islam sedang berkembang di sana.

“Ukraina juga memiliki sebuah majalah Islam yang bernama Minaret,”.kata Farhan.ryg
 
Penulis: Rahmatullah Yusuf Gogo.
Editor: Dasma Susanti.
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki