Dayah Darul Ulum Tampung Mahasiswa

Bilik Dayah Darul Ulum, Lueng Ie, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Foto: Muhammad reza.
 Banda Aceh - Dayah Darul Ulum kembali menampung  mahasiswa yang ingin tinggal dan belajar pendidikan agama. Dayah yang bertempat di Gampong Lueng Ie Kecamatan Krueng Barona Jaya ini terletak tidak jauh dari Simpang tujuh dan Kuede Ulee Kareng.

 Menurut pimpinan dayah, Tgk Muhibudin Usman Alfauzi, pendidikan formal di Indonesia khususnya Aceh tidak terlalu sukses mencetak manusia yang berakhlak mengerti akan ilmu agama, sehingga angka kriminal bertambah, korupsi di mana-mana, prostitusi semakin berjamur, bahkan di kalangan artis yang menjadi modeling anak bangsa ini.

“Di sini kami mencoba mengubah pandangan masyarakat tentang dayah, bahwa dayah bukan tempat pembuangan anak-anak yang bermasalah dengan keluarga atau lingkungan,  juga anak-anak bodoh yang tidak diterima dimanapun, serta untuk menampung anak-anak yatim kurang mampu, namun disini kami akan menciptakan manusia yang berintelektual lagi mengerti akan ilmu agama,” kata Muhibudin di kediamannya, Minggu (31/5/2015).

Muhammad Reza santri yang telah tinggal lima tahun di dayah tersebut yang juga tercatat sebagai Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menuturkan, dayah  sangat membantu banyak dalam membentuk karakter mahasiswa, dengan tinggal di dalamnya mereka lebih bisa menilik untuk membandingkan mana yang pantas dilakukan mana yang tidak.

“Seperti kita ketahui orang yang jenius banyak tapi yang jujur dan mementingkan orang lain susah dicari,” tutupnya.

Berita Langsung ini ditulis sebagai tugas Kelas Sastra Dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri.
Penulis: Muhammad Reza
Editor:
Muhammad Alkausar Barazy
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki