Dayah Darul Ulum Santrikan Mahasiswa

Bilik Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie yang terletak di gampong Lueng Ie, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Foto: Muhammad Reza.

Banda Aceh - Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie yang terletak di gampong Lueng Ie, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, kembali membuka pendaftaran santri baru. Pendaftaran yang tidak membatasi jumlah santri dan waktu tersebut dibuka semenjak hari Jum’at, (21/05).

Pimpinan Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie, Tgk Muhibbuddin mengatakan selama dibukanya pendaftaran calon mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh, banyak dari yang calon mahasiswa tersebut yang bertandang ke dayahnya untuk menanyakan informasi dan tatacara agar mereka bisa menetap di dayah tersebut.

“Setiap tahun  kami selalu menerima santri baru, baik dari kalangan umum maupun mahasiswa. Mengingat setiap tahun ada beberapa santri yang sudah menamatkan kuliahnya harus pulang kampung dan bekerja.  Maka menerima santri baru merupakan salah satu cara agar dayah ini selalu ada santri,” ujar Muhibbuddin.

Senada dengan itu, salah seorang pengurus dayah, Tgk Muttaqin, mengatakan, sejak lama dayah ini selalu menampung santri dari kalangan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh seperti dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Universitas Abul Yatama (Unaya) dan dari beberapa Perguruan Tinggi lainnya

“Kita berharap calon santri yang masuk kesini benar-benar kemauan sendiri dan bukan karena paksaan orang tua. Santri yang dipaksa orang tua biasanya tidak sanggup mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan dayah. Hal ini yang menyebabkan mereka tidak akan bertahan lama,” ujar Muttaqin yang juga alumni dayah tersebut.

Berita : Nazarullah
Editor : Muhajir
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki