Wisata Snorkeling di Lepas Pantai Simeulue

Snorkeling. Foto: snorkelinginfiji.com

Banda Aceh - Kabupaten Simeulue memiliki banyak tempat wisata, salah satunya adalah Pantai Busung. Pantai yang terletak di kecamatan Tepa Barat tersebut banyak diminati wisatawan setempat maupun dari luarnya. Busung sendiri adalah nama kampung di mana pantai tersebut berada. Salah seorang warga Simeulu, Hasan menerangkan bahwa Pantai Busung dipromosikan sebagai pantai wisata mengapung (ingg: snorkeling) oleh Dinas Parawisata Kabupaten Simeulue pada tahun 2012.

"Setelah tsunami, lautan di Simeulue naik ke permukaan setinggi 99 senti meter. Meskipun demikian, tak ada kerusakan yang terjadi di laut, seperti air kotor dan sebagainya. Pantai masih bersih setelah tsunami. Salah satu penyebab dipromosikannya pantai tersebut sebagai pantai snorkeling karena ombaknya yang tenang dan sangat mendukung bagi pengunjung untuk menyelam," kata Hasan dalam wawancara khusus pada hari Selasa, 12 Mei 2015.

Hasan yang asli penduduk Simeulue menambahkan bahwa wisatawan yang datang antara lain dari negara Singapura, Jerman, Turki, dan kebanyakan mereka dari Benua Eropa. Selama wawancara khusus yang berlangsung di Makam Baitul Rijal atau sering dikenal dengan Kandang XII ini, Hasan menegaskan bahwa tak ada kejadian mistis yang pernah terjadi di pantai tersebut. Bahkan, kata Hasan, selama dipromosikan, pantai tersebut tak pernah memakan korban.

"Pantai ini dibuka pada pagi hari dan kembali ditutup sebelum magrib. Seperti halnya tempat wisata yang lain, tempat wisata Pantai Busung tersebut mengenakan biaya masuk sebesar 5.000,- Rupiah, dan itu sudah termasuk biaya parkir dan pondok duduk, sedangkan untuk perlengkapan menyelam juga dikenakan biaya," kata Hasan.frz


Berita ini ditulis oleh Fira Zakia sebagai tugas di Sekolah Hamzah Fansuri, di Kandang XII, Banda Aceh, Selasa 12 Mei 2015.
 
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki