Turki Kerahkan Angkatan Laut Cari Rohingya yang Terapung


Ankara - Angkatan Laut Turki berusaha menemukan Muslim Rohingya yang terdampar di kapal lepas pantai Thailand dan Malaysia, kata Perdana Menteri Ahmet Davutoglu di hadapan sekelompok orang muda di Istana Çankaya, 19 Mei 2015.

Davutoglu mengatakan bahwa Turki telah melakukan yang terbaik untuk menemukan Muslim Rohingya di laut dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), dengan bantuan kapal dari Angkatan Bersenjata Turki tengah berlayar di wilayah perairan Selat Melaka.

Sekitar 7.000 sampai 8.000 pengungsi Rohingya dan Bangladesh saat ini diperkirakan terapung berada atas air Selat Malaka dan titolah masuk ke wilayah Indonesia, Malaysia, dan Thailan. Mereka ingin ke Thailand dan Malaysia, namun diusir.

Pada 10 Mei lalu, sebuah kapal yang membawa sekitar 500 orang Rohingya yang dizalimi Myanmar diselamaatkan oleh nelayan Aceh, bagian barat Indonesia. Davutoglu menyebutkan dia menadapt kabar dari pejabat migrasi dan advokat hak asasi manusia bahwa beberapa orang dari mereka membutuhkan perhatian medis.

Para pria, wanita dan anak-anak tiba di dua kapal terpisah, masing-masing mengangkut 430 orang dan 70 orang , kata Steve Hamilton, wakil kepala misi di IOM di Jakarta, ibukota Indonesia.

Muslim Rohingya telah menderita selama beberapa puluh thun terakhir karena diskriminasi sanksi-sanksi di Myanmar.

Chris Lewa, Direktur Proyek Arakan, mengatakan, serangan terhadap minoritas oleh massa agama Buddha dalam tiga tahun terakhir telah memicu salah satu eksodus terbesar umat manusia dengan perahu sejak Perang Vietnam yang menyebabkan 100.000 orang melarikan diri.

Proyek kemanusiaan yang dijalankan Cris Lewa telah memantau pergerakan Rohingya selama lebih dari satu dekade.

"Kesulitan ruang gerak yang terbatas, kekurangan makanan dan air bersih, telah memperburuk kesehatan para pengusngsi tersebut. Puluhan kematian telah dilaporkan dalam beberapa bulan terakhir," kata Cris Lewa.hurriyetdailynews.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki