Situs Sejarah Sebagai Kelas Belajar Mengajar SHF

Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri berfoto bersama setelah belajar menulis di Kandang XII, Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015. Foto: Muhajir.
Banda Aceh - Sejumlah pemuda pemudi yang tergabung di kelas sastra dan perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri kembali mengunakan fasilitas situs sejarah sebagai kelas belajar mereka, selasa(12/05). Pembelajaran yang menempati pekarangan Makam Baiturrijal (Kandang XII) sebagai kelas ini setidaknya dihadiri oleh 7 orang siswa.
Pengajar di sekolah ini, Thayeb Loh Angen menuturkan, pengambilan kelas belajar seperti ini diharapkan supaya para pelajar mampu dengan baik dalam berfikir saat belajar mengajar berlangsung. Menurutnya, udara yang dirasakan di kelas belajar pada alam terbuka ini membuat belajar mengajar lebih efektif.
Dengan pembelajaran di situs sejarah ini pula para siswa lebih dapat juga mengetahui bagaimana kejayaan sultan-sultan terdahulu dalam mempimpin, seperti kejayaan Sulthan Alaidin Ria’yatsyah Al-Qahar pada masa kepemimpinannya yang mampu mempersatukan seluruh kerajaan-kerajaan Islam di Aceh dibawah payung kerajaan Aceh Darussalam,” kata penulis novel tentra Atom dan novel Aceh 2025 ini.
Salah seorang pelajar di Sekolah Hamzah Fansuri, Reza, mengatakan bahwa belajar di tempat terbukan seperti itu sangatlah nyaman.
“Di alam terbuka, apalagi di situs sejarah seperti ini kita bukan hanya menyerap ilmu seputaran apa yang ada di kelas menulis ini, namun turut pula mengetahui kembali tentang sejarah-sejarah makam kerajaan Aceh masa silam,” kata Reza.
"Selain itu belajar dikelas terbuka seperti ini akan turut pula memberi sentuhan kesegaran bagi kami dalam berfikir saat mengamati setiap proses belajarnya,” sambung pemuda berbadan gempal ini saat ditemui di sela-sela proses belajarnya.nzr
Berita ini ditulis oleh Muhammad Zulkausar Bazary sebagai tugas Sekolah Hamzah Fansuri di Makam Kandang XII, Banda Aceh, 12 Mei 2015.

Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki