PuKAT Bantah Ikut Unjuk Rasa Peduli Rohingya


Banda Aceh - Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT) membantah ikut unjuk rasa penyelamatan Rohingya yang dilangsungkan oleh gabungan organisasi yang dinamakan AMAPR (Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya), Selasa, 19 Mei 2015 di Simpang Lima Banda Aceh.

Aktivis di PuKAT, Thayeb Loh Angen, mengatakan, dirinya menghadiri rapat AMPR pada hari Minggu di Anjungan Langsa Taman Sultanah Safiatuddin atas nama Sekolah Hamzah Fansuri (SHF), yang kini tengah menjalankan Kelas Sastra dan Perkabaran.

“Tulisan saya yang disiarkan di Serambi Indonesia yang berjudul “Aceh, Solusi untuk Muslim Rohingya” pada beberapa hari lalu tidak atas nama PuKAT, tapi atas nama SHF. Namun saya memahami apabila saat diberitakan komentar disebut saya perwakilan PuKAT, sebab memang itu organisasi yang selama akrab dengan nama saya. Namun PuKAT dan Thayeb Loh Angen adalah hal yang sama sekali berbeda,” kata Thayeb.

Thayeb menegaskan, PuKAT adalah organisasi antarabangsa yang tidak mungkin ikut ke dalam unjuk rasa. Fokus PuKAT, kata Thayeb adalah bidang keilmuan seperti diskusi, seminar, menerbitkan buku, kajian, dan sebagainya.

“Kegiatan PuKAT seperti pada Selasa 19 Mei kemarin, yakni bersama managemen Sultan II Selim ACC, PuKAT baru saja membuat seminar kepeminpinan dan sukarelawan serta peluncuran buku berjudul ‘Istanbul Warna Ibukota Dunia” tentang pengalaman Ariful yang dikirim ke Istanbul selama sebulan pada tahun 2014 lalu,” kata Thayeb.

Selain itu, kata Thayeb, pada Selasa 26 Mei ini, PuKAT akan mengadakan sebuah seminar yang diisi oleh Teuku Zulkhairi dan Teuku Farhan yang baru saja mengikuti pertemuan editor jurnal antarabangsa, di Istanbul selama seminggu.

“Keduanya akan menceritakan pengalamannya dan perkembangan Turki terkini, serta bagaimana pandangan orang Turki di Istanbul tentang Aceh. Seperti itulah kegiatan PuKAT,” kata Thayeb.mhj
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki