Penziarah Burneo Kunjungi Makam Baitul Rijal

Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri, Hasan Shahadat, tengah mewawancarai Mahmudin dari Burneo (Kalimantan), si sela-sela masa belajar mengajar di Batur-Rijal (Kandang XII), Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015. Foto: Muhammad Reza.

Banda Aceh - Makam Baitul Rijal (Kandang XII) yang berada di Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh. Letaknya yang tidak jauh dari Mesjid Raya Baiturrahman dan Pusat Kota membuat makam ini mudah dijumpai sebagaimana terlihat pada hari Selasa (12/5) yang dipadati sejumlah penziarah dari berbagai daerah lokal dan manca negara.


Salah satu penziarah Makam Baitul Rijal, Mahmudin Juanda, (29), yang berasal dari Burneo (Kalimantan) Timur mengatakan baru pertama kali datang ke Aceh merasa sangat terkagum-kagum dengan bangunan makam tersebut karena bangunan di Aceh masih sangat alami tidak seperti di tempat-tempat lain di luar Aceh.

“Saya tertarik kemari karena di Aceh ada berita tentang keajaiban yang ditampakan kekuasaan Tuhan, seperti makam ini yang masih kokoh, dan yang salut saya di Aceh tidak dipungut biaya apapun saat masuk ke tempat-tempat bersejarah,” pungkasnya.



Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri
berfoto bersama setelah selesai belajar mengajar di
Komplek Makam Batur-Rijal (Kandang XII),
Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015.
Foto: Muhammad Reza.
Seorang pengunjung lain, Zulkausar Barazi (31), yang pada hari tersebut mengikuti kelas sastra dan perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri di sana, mengatakan, dalam komplek makam terdapat dua belas makam Sultan Aceh Darussalam. Menurutnya, penjaga makam tersebut menyatakan, setiap harinya, makam Baitur Rijal selalu dipadati penziarah yang pucaknya pada hari-hari libur tiba.


“Banyak sekali hal-hal yang membuat saya bersemangat dan bahagia mendengar bahwa penziarah semakin hari semakin bertambah. Merak dating ke mari ada juga untuk kepentingan meneliti seperti dari Inggris, Belanda, dan negara lainnya,” pungkasnya.mhr


Berita ini ditulis oleh Muhammad Reza sebagai tugas Sekolah Hamzah Fansuri di Makam Kandang XII, 12 Mei 2015.
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki