Makam Sultan Al-Kahar Perunggu Terpahat Surat Yasin

Peserta Kelas Sastra dan Perkabaran Sekolah Hamzah Fansuri tengah berlatih menulis berita dan mewawancara di Batur-Rijal (Kandang XII), Banda Aceh, Selasa, 12 Mei 2015. Foto: Muhajir.
Banda Aceh - Salah satu makam sultan di komplek Baitur-Rijal (Kandang XII) terbuat dari perunggu yang dipahat tulisan Al-Quran Surat Yasin. Makam yang teletak tak jauh dari Mesjid Raya Baiturrahman tersebut berbeda dengan beberapa makam lainnya di tempat itu, Banda Aceh, (Selasa/12/05) sore.

Mizwar Mahdi, Duta Nisan Aceh saat berada di tempat itu mengatakan, kandang tersebut adalah makam-makam Sultan Kerajaan Aceh Darussalam, Makam-makam itu banyak terdapat batu nisan yang dipahat surat-surat Alqur’an.

“Setiap makam dipahat dengan tulisan berbeda-beda, pahatan itu dibuat sesuai biografi sultan pada masa-Nya,” kata Mizuar Mahdi yang mengunjungi Kandang XII saat berlangsung belajar mengajar Sekolah Hamzah Fansuri di sana.

Mizwar Mahdi  menambahkan  makam itu satu-satunya makan yang nisannya tebuat dari perunggu, ini menandakan sosok sultan sangat menonjol dibanding yang lainnya.

“Makam ini tergolong masih kokoh bentuknya dibanding beberapa yang lain ada yang sudah retak bahkan sebagian sudah patah,” tambah Mizuar.

Muhajir, Pemerhati sejarah dari Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (MAPESA), saat berada di tempat yang sama menambahkan makam yang dipahat tulisan surat yasin adalah makam Sultan Alaudin Ri’ayatsyah Al-Kahar kerajaan Aceh Darussalam.

“Dengan memahat tulisan surat Yasin di makam ini, pemahat ingin menegaskan Alaudin Ri’ayatsyah Al-Kahar adalah jantungnya kerajaan Aceh Darussalam, sebagaimana Surat Yasin itu jantungnya Al-Qur’an,” tambah Muhajir.nzr
Berita ini ditulis oleh Nazarullah sebagai tugas Sekolah Hamzah Fansuri di Makam Kandang XII, 12 Mei 2015.
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki