Turki Inginkan Solusi Politik di Yaman

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Lithuania - TURKI menginginkan solusi politik untuk krisis di Yaman tetapi telah menawarkan dukungan kepada koalisi Saudi yang dipimpin yang telah melakukan serangan udara terhadap pejuang Houthi yang didukung Iran, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan, Jumat (3/4/2015).
“Turki mengumumkan bahwa kami dapat memberikan dukungan logistik dan dukungan intelijen (dengan operasi Saudi yang dipimpin), tetapi itu untuk solusi politik,” kata Cavusoglu dalam konferensi pers saat berkunjung ke Lithuania.
Menurut World Bulletin, Turki yang memiliki tentara terbesar kedua dalam aliansi militer NATO, belum mengambil peran aktif dalam operasi yang dipimpin Saudi. Cavusoglu mengatakan tidak ada tuntutan yang telah dibuat dari Ankara di luar dukungan politik.
Tapi dia mengkritik milisi Syiah Houthi, yang dengan sekutu mereka menyita distrik pusat kota selatan Aden pada hari Kamis.
“Apa yang Houthi lakukan di Yaman tidak dapat diterima. Ini mendestabilisasi negara,” kata Cavusoglu.
Iran mendukung kampanye Houthi melawan Hadi tapi membantah memberi mereka bantuan militer atau mengirim pasukan sendiri.
Iran juga memanggil utusan Turki untuk mengeluh tentang komentar Erdogan, meskipun Presiden Turki masih diharapkan untuk mengunjungi Teheran pekan depan.dev/islampos
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki