Novel Aceh 2025 dan Anggapan Keterkaitannya dengan GAM

Oleh Thayeb Loh Angen
Penulis novel Aceh 2025

Anak-anak dari beberapa wilayah Aceh bersama buku novel Aceh 2025. Foto: Zahraini ZA
Saya tidak bisa mengerti mengapa kegiatan saya menulis dikait-kaitkan dengan riwayat hidup bahwa saya pernah menjadi anggota GAM selama waktu yang singkat. Apa hubungannya menulis novel dengan pernah menjadi PM GAM? Saya tidak melihat ada hubungannya.

Saya terangkan di sini bahwa GAM tidak pernah mencetak seorang novelis. Dan, apabila rekan-rekan mengatakan bahwa lahirnya novel karya saya bisa membantahkan tuduhan bahwa anggota GAM itu dianggap suka menjadi kontraktor, pembisnis, pejabat, dan sebagainya, itu adalah sepenuhnya hak handai taulan.

Tentang ini, saya menilai bahwa kenyataan ini, belum tentu akan disikapi dengan baik oleh semua bekas anggota GAM, alih-alih diberikan penghargaan. Kemungkinan besar mereka tidak akan membaca buku ini, alih-alih membelinya. Itu karena di Aceh, yang sebagian besar politisinya kurang memahami peran sebuah novel dalam membangun sifat bangsa. Sejatinya, dunia gerilya itu amat jauh berbeda dengan dunia tulis menulis dan seni.

Sudah jelas bahwa rekan kita di dunia politik atas nama partai yang mereka semua adalah bekas gerilyawan GAM -walaupun sebagian dari mereka ada yang baru menjadi GAM setelah 16 Agustus 2005- telah gagal dalam membangun Aceh sebagaimana yang kami impikan. Itu adalah kegagalan kami, kegagalan kita semua.

Karenanya, sebagai pandangan lain, melalui novel Aceh 2025 ini saya ingin mengajak orang-orang untuk menghayal bagaimana keadaan Aceh, seandainya orang yang diamanahkan membangun Aceh bisa membangunnya dengan baik sesuai dengan harapan.

Oleh karena itu, apapun pekerjaan, kumpulan, partai, dan kesukaan Anda, bacalah novel Aceh 2025. Itu adalah ramuan penyegar di antara racun berita dan karya yang tersebar di negeri ini. Kalau sekalian pejabat itu tidak bisa membangun Aceh dengan uang yang begitu banyak, maka kita bisa membangunnya dengan sebuah novel.
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki