Setelah 2 Kali, PuKAT Hentikan Bincang Travelog Aceh ke Istanbul

Istana Topkapi tinggalan Turki Utsmani terlihat dari Harem, Istanbul, Turki. Foto: wikimedia.org
Banda Aceh - Setelah 2 kali membuat Bincang Kebudayaan tentang Travelog Aceh ke Istanbul, yakni di ACC Sultan II Selim pada 25 Desember 2014 dan di Darussalam pada 8 Januari 2015, lembaga Pusat Kebudayaan Aceh - Turki (PuKAT) mencukupkan acara tersebut.

Aktivis PuKAT, Thayeb Loh Angen, mengatakan bahwa acara tersebut direncanakan sebanyak empat kali, tiga kali di Banda Aceh dan sekali lagi di Lhokseumawe. Namun, pihaknya melihat bahwa acara itu terlalu diminati oleh banyak orang mengingat di ACC Sultan II Selim dan Darussalam dihadiri oleh ratusan orang.

“PuKAT adalah organisasi yang belum besar dan belum sanggup menampung minat orang yang begitu banyak, karenanya kami mohon maaf kepada masyarakat karena harus menghentikan acara tersebut. Dan, kalau memungkinkan kita akan melanjutkan acara tersebut, sekidaknya sekali di Lhokseumawe," kata Thayeb.

Penulis novel Aceh 2025 ini mengatakan bahwa PuKAT akan membuat acara lainnya sebagaimana biasa yang dihadiri puluhan orang saja. Acara tersebut, kata dia, sesuai dengan misi PuKAT, yakni, senantiasa mengangkat tokoh Aceh serta belajar dari sejarah.

"Pada Maret 2015, PuKAT akan bekerja sama dengan manajemen gedung Turki ACC Sultan II Selim untuk mengadakan acara memperingati 101 tahun lahirnya tokoh Aceh Ali Hasjmy. Di bulan Maret 2015 juga, akan dibuat acara pengingat meninggalnya tokoh Aceh Abuya Muhibuddin Waly. Kedua acara tersebut akan dilaksanakan di gedung Turki ACC Sultan II Selim," kata Thayeb.

Thayeb mengatakan bahwa pihaknya sudah menghubungi keluarga kedua tokoh Aceh tersebut untuk acara dimaksud. Ada banyak hal yang orang Aceh di masa kini bisa belajar dari Ali Hasjmy dan Muhibuddin Waly. Mereka adalah tokoh Aceh yang dikenal oleh dunia, akan tetapi Aceh mengabaikannya.

"Kalau saja orang Aceh sekarang belajar dari tokoh-tokohnya, Aceh akan lebih baik hari ini. Kita bisa memulai itu sekarang,” kata Thayeb
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki