Tambo Tgk Chik Kuta Karang di Museum Ali Hasjmy

Oleh Muhammad Rizki
Mahasiswa di Banda Aceh


Pustaka dan Museum Ali Hasjmy, Banda Aceh. Foto:
Museum Ali Hasjmy adalah sebuah tempat menyimpan beragam kumpulan benda bersejarah tentang Aceh dan berbagai peninggalan dokumen penting yang bisa kita jadikan bahan penelitian. Museum ini terletak di kota Banda Aceh, jalan Jendral Sudirman No. 20. Museum dan perpustakaan ini diresmikan pada tanggal 15 Januari 1991.

Museum ini dulunya merupakan tempat kediaman Prof. Ali Hasjmy. Beliau dilahirkan di Lampaseh, Banda Aceh 28 Maret 1914 dan meninggal di Banda Aceh, 18 Januari 1998. Ia hidup dengan seorang pasangan yang bernama Zuriah Hasjmy. Ia pernah menjabat sebagai gubernur Aceh dan rektor IAIN Arraniry. Beliau juga dikenal sebagai seorang ulama dan politikus di Aceh.

 Di dalam perpustakaan ini terbagi empat ruangan, yaitu ruangan warisan budaya Nenek Puteh, di dalamnya terdapat benda-benda warisan seperti senjata khas Aceh dan pakaian adat Aceh. Selanjutnya ruangan Khutubkhanah, di dalamnya terdapat peninggalan buku-buku masa silam. Kemudian ruangan khasanah Ali Hasjmy, yang berisi dokumen pribadi milik Ali Hasjmy, yang terakhir terdapat ruangan teknologi tradisional Aceh, yang terdapat hasil kerajinan dari masyarakat  Aceh.
 
Di dalam ruangan ini juga terdapat enam lemari yang mana di lemari tersebut terdapat bermacam buku, seperti buku sejarah, politik, sosial budaya, hukum, agama dan masih banyak lagi buku-buku yang lain yang terdapat di prpustakaan ini. Ada juga lemari  yang terdapat piagam atau penghargaan yang beliau peroleh.
Di sisi belakang gedung ini juga terdapat balai Meunasah Bale Teungku Haji Aziz, dan di depan balai tersebut juga terdapat tambo (beduk) warisan syeh Abbas (Teuku Chik Kuta Karang) seorang ulama yang menguasai bermacam ilmu, almarhum adalah Al-Farabinya nusantara, tambo ini telah berusia sekitar 178 tahun. Di sana pun ada sebuah sebuah rumah adat Aceh.
Pada saat tsunami 2004 museum ini tidak mengalami kerusakan yang parah karena jauh dari laut, seperti kata penjaga museum.
 
"Ketika smong museum ini tidak mengalami kerusakan yang parah, jadi cuma sedikit perbaiki terhadap museum dan perpustakaan Ali Hasjmy tersebut.”
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki