Rahasia Samudera Pasai ada di Buku Ini



Samudera Pasai adalah sebuah kesultanan yang telah berjasa besar dalam mengembangkan Islam di Asia Tenggara. Diyakini bahwa sultan-sultannya, maha guru-maha gurunya, panglima-panglimanya, bangsawan-bangsawannya, orang kaya-orang kayanya, dan sekalian rakyatnya telah mengukir kegemilangannya di zaman mereka.

Samudera Pasai adalah sebuah negara yang bermata uangkan emas. Adalah di masa kejayaannya Bahasa Jawi (Melayu Pasai) berkembang ke seluruh dunia Melayu bersamaan Islam dihantarkan ke negeri-negeri itu. Walaupun ianya adalah induk daripada Bahasa Jawi, tidak ada seorang pun di masa kini yang mengukuhkannya sebagai pusat dunia Melayu.

Apapun pendapat atau pengetahuan kita tentang Samudera Pasai berdasarkan bacaan ataupun cerita daripada orang-orang, niscaya akan timpang sebelum membaca buku hasil penelitian daripada Taqiyuddin Muhammad, seorang peneliti sejarah kebudayaan Islam yang filsuf.

Dialah pendiri sebuah organisasi kebudayaan bernama CISAH (Central Information for Samudera Pasai Heritage) yang memusatkan perhatiannya pada penelitian terhadap tinggalan Samudera Pasai sejak beberapa tahun lalu.

Di sini tidak akan diceritakan apa saja isi daripada buku tersebut. Sekalian orang akan terkejut begitu membacanya bahwa apapun yang diketahui sebelumnya tentang Samudera Pasai telah terbantahkan dengan bukti-bukti daripada hasil penelitian Taqiyuddin Muhammad bersama CISAH-nya.tla 

 Judul: Daulah Shalihiyyah di Sumatera 
 Penulis:  Taqiyuddin Muhammad  
Cetakan Pertama:  Desember 2011
Cetakan Kedua: Nopember 2013  
Penerbit: Central Information for Samudera Pasai Heritage.
Tebal:  308 hlm + xxiv; 160 x 240 mm
Harga Jual: Rp 60,000.





Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki