Halimatunsakdiah: Beliau Bersama Kami Menjelang Diterjang Smong

Halimatunsakdiah, isteri sosiolog almarhum Muhammad Isa Sulaiman.
Foto: Aldi Yukihiro.
Muhammad Isa Sulaman, Sosiolog Handal Yang Hilang Tidak Terganti

Banda Aceh - Prof M Isa Sulaiman seorang sosiolog Aceh pendiri Aceh Institute yang meninggal dunia pada bencana smong 26 Desember 2004. Tatkala smong (air bah dari laut atau tsunami) datang, ia berada di dalam kamar.

“Pada saat bencana smong terjadi di hari 26 Desember 2004, kami berada di rumah. Saya lebih dahulu keluar karena mengejar seorang anak kami yang masih kecil yang telah lebih dahulu lari keluar,” kenang Halimatunsakdiah yang merupakan isteri almarhum Muhammad Isa Sulaiman.

Semua kisah meninggalnya Isa Sulaiman dan karya-karyanya akan dikemukakan pada Rabu 24 Desember 2014 pada pukul 15:00 WIB sampai selesai di gedung Turki, Aceh Community Center Sultan II Selim, Banda Aceh.

Pencerita tentang itu adalah peneliti Aceh Institute Saiful Mahdi, sekjen ACSTF Juanda Jamal, dan isteri almarhum Isa Sulaiman Halimatunsakdiah.

Prof M Isa Sulaiman merupakan tokoh Aceh yang paling penting di antara banyak tkoh cendkiawan di Aceh. Dia, merupakan seorang sosiolog hebat yang pernah dimiliki oleh Aceh.

Orang-orang di Aceh seyogianya mengingat Isa Sulaiman, mengingat perjuangannya dan mempelajaripengetahuan yang diwariskannya di antaranya yang berada di dalam buku-bukunya, seperti: “Sejarah: Sebuah Gugatan Terhadap Tradisi”, “Aceh Merdeka: Ideologi Kepemimpinan dan Gerakan”, dan “Mosaik Konflik Aceh”.

Kegiatan dalam rangka memperingati bencana smong ke 10 tahun itu diperbuat oleh organisasi antarabangsa Pusat Kebudayaan Aceh - Turki (PuKAT) secara kebersamaan yang tempat untuk acaranya diberikan hak pakai cuma-cuma oleh pengurus gedung Turki ACC Sultan II Selim.ldn
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki