Eungkhui akan Dihidangkan di Travelog Aceh ke Istanbul

Eungkhui di dalam piring putih di atas meja kayu berwarna coklat. Foto: Zahraini
Banda Aceh - Salah satu makanan khas Aceh yang sudah jarang dibuat, eungkhui, akan dihidangkan pada acara Travelog Aceh ke Istanbul: Sebuah Perjalanan Ariful Azmi Usman.

Acara tersebut dibuat oleh organisasi antarabangsa Pusat Kebudayaan Aceh - Turki (PuKAT) pada Kamis 25 Desember 2014 pukul 19:30 WIB sampai selesai, di gedung Turki Aceh Community Center Sultan II Selim, Banda Aceh.

Ahli tata boga di Banda Aceh, Zahraini, yang meramu engkhui tersebut dengan tambahan resep, mengatakan bahwa eungkhui adalah makanan khas masyarakat Aceh pesisir utara yang telah berkembang dari zaman ke zaman.

“Bahan utama kue lezat ini merupakan hasil tumbuhan khas Sumatera, yakni: sagu rumbia, kelapa, dan pisang. Kali ini saya tambahkan bahannya, seperti: susu, coklat, gula, dan hiasan buah-buahan seperti nangka, strawberi, anggur dan semacamnya di atasnya. Kuwih ini nantinya akan kita kemas dengan baik supaya sesuai diletakkan di tempat acara,” kata Zahraini.

Zahraini mengatakan bahwa orang di seputaran Aceh Besar dan Banda Aceh menyebut eungkhui untuk sebuah jenis kue lain yang penduduk di pantai utara Aceh menyebutnya jeuleupak, yakni hayakan kasar daripada tepung ketan yang ditumbuk dengan jingki, yang kemudian ditambah dengan beberapa bahan lain sehingga rasanya lebih lezat.

Acara Travelog Aceh ke Istanbul merupakan sebuah program kerja sama antara PuKAT dengan YTB (T.C. Başbakanlik) Yurtdişi Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanliği. Acara ini adalah kelanjutan daripada berkunjungnya Ariful Azmi Usman ke Istanbul selama Agustus 2014 dalam rangka program Harman Intership.

Acara seperti ini akan dibuat sebanyak empat kali. Pertama di ACC Sultan II Selim pada 25 Desember 2014 pukul 19:30 WIB, pada 8 Januari 2015 di Auditorium FKIP Unsyah pukul 9:30 WIB, pada 20 Januari 2015 di SMA N 1 Peukan Bada Banda Aceh pukul 9:30 WIB, dan terakhir di Aula FISIP Unimal Lhokseumawe pada 10 Januari 2015 pukul 9:30 WIB.ldn
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki