Budaya Korea Mengancam Aceh


Stand budaya korea di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Senin (02/12/2013). Foto: detak-unsyiah.com
Banda Aceh -  Berkembangnya budaya Korea di Aceh sudah mulai mengkhawatirkan. Hal itu terlihat dari adanya sebuah komunitas kebudayaan korea di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Banyak pemuda-pemudi di sana tertarik dengan program tersebut dan mencari tahu bagaimana budaya Korea bahkan sampai meniru. Pada Unsyiah Fair bulan lalu, ada sebuah stan budaya Korea, akan tetapi tidak ada stan budaya Aceh di sana.

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Zulfata, mengatakan budaya Korea tersebut akan mengganggu budaya Aceh, ketika pelaku budaya Korea makin berkembang, secara tidak langsung akan menggeser budaya Aceh, sesuatu yang merupakan pantang terjadi.

“Budaya Korea di Aceh tidak menjadi persoalan jika hanya sebatas kajian, namun kalau seseorang cuma mengkaji budaya Korea tanpa mengingat budaya Aceh itu bisa kacau dalam pemahaman keacaehan. Apalagi sampai meniru sebagai mana terjadi sekarang di lingkungan Unsyiah, ini harus segera diatasi,” kata Zulfata saat bincang dengan kader baru HMI di Hutan Kota, Jeulingke, Banda Aceh, Minggu (30/11/2014).
             
                ”Pengaruh globalisasi sangat kuat tentang kebudayaan Korea, dia masuk dari segala bidang, seperti televisi, fashion, bahkan hingga karakter, itu secara tidak langsung menjadi persoalan terhadap budaya Aceh sendiri. Akan berbahaya apabila budaya Aceh terasimilasi dari budaya Korea tersebut,” tambahnya.
                Sebelum budaya Korea berkembang lebih luas di Aceh, sepatutnya pemerintah merealisasikan budaya Aceh di dalam kehidupan masyarakat seperti membuat seminar di berbagai tempat berkaitan dengan kebudayaan Aceh.

“Tetapi di dalam acara tersebut jangan hanya mengundang para petinggi atau orang penting saja, namun harus mengundang atau memberitahukan kepada masyarakat awam, banyak orang terpengaruhi dengan budaya luar karena mereka kurang memahami atau mengerti dengan budayanya sendiri,” kata Zulfata.rizki
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki