24 Des Aceh Kenang Sosiolog M Isa Sulaiman

Banda Aceh - Organisasi antarabangsa Pusat Kebudayaan Aceh - Turki (PuKAT) mengadakan bincang kebudayaan secara terbuka tentang almarhum Prof M Isa Sulaiman, seorang sosiolog Aceh pendiri Aceh Institute yang meninggal dunia pada bencana smong 26 Desember 2004.

Acara tersebut dilangsungkan pada Rabu 24 Desember 2014 pada pukul 15:00 WIB sampai selesai, di gedung Turki Aceh Community Center Sultan II Selim, Banda Aceh.

"Prof M Isa Sulaiman merupakan tokoh Aceh yang paling penting. Beliau sosiolog hebat yang pernah dimiliki oleh Aceh. Kita mengajak orang-orang di Aceh untuk mengingatnya, mengingat perjuangannya," kata Thayeb Loh Angen dari PuKAT.

Thayeb menyarankan supaya orang-orang di Aceh mempelajari apa yang pernah diwariskan oleh M Isa Sulaiman di dalam buku-bukunya, seperti: "Sejarah: Sebuah Gugatan Terhadap Tradisi", "Aceh Merdeka: Ideologi Kepemimpinan dan Gerakan", dan "Mosaik Konflik Aceh".

"Aceh memiliki banyak tokoh cendikiawan. Kita mengajak sekalian orang untuk mengingat mereka dan belajar dari pengalaman hidup dan karya-karya mereka. Pembicara di bincang-bincang tersebut adalah peneliti Aceh Institute Saiful Mahdi, Sekjen ACSTF Juanda Jamal, dan isteri almarhum M Isa Sulaiman," kata Thayeb.

Thayeb menjelaskan bahwa scara tersebut terbuka untuk umum dan cuma-cuma sebagai bentuk usaha kita menguatkan kebudayaan di Aceh dan mengembangkan pengetahuan dengan cara belajar daripada cendikiawan-cendikiawan. Tempat untuk acara ini diberikan hak pakai cuma-cuma oleh pengurus gedung Turki ACC Sultan II Selim.ldn
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki