Patrick Modiano Memenangkan Nobel Sastra Dunia 2014


Patrick Modiano, winner of the 2014 Nobel prize in literature. Photograph: Catherine Helie/AP/theguardian.com

Paris - Penghargaan Nobel Sastra tahun ini diberikan kepada Patrick Modiano, Jumat, 10/10/2014. Patrick Modiano merupakan warga negara Perancis ke sebelas yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Patrick Modiano mengaku tidak tahu kenapa ia terpilih. Kepada wartawan yang menyergapnya, ia mengatakan akan mengecek kebenaran berita ini ke tetangganya. Karya sastra Modiano yang pemalu ini memang tidak banyak dikenal di luar Perancis. Novel karya Modiano, yang dijuluki Proust - nya Perancis masa kini, mengisahkan tentang manusia dalam pusaran ingatan, identitas, rasa bersalah dan kehampaan.

Dengan penghargaan ini, Modiano kini masuk dalam kalangan elit sastrawan dunia, termasuk Albert Camus, sosok yang melegenda, yang ia kagumi sejak kecil. Selama 45 tahun, Patrick Modiano menulis sekitar 29 buku. Buku pertamanya adalah "La Place De L'etoile" yang ia garap tahun 1968.
Novel ini merupakan karya terbaik Modiano. Setelah itu, sejumlah karya lainnya meraih penghargaan bergengsi seperti, Rue Des Boutiques Obscures, dan Les Boulevards De Ceinture. Namun karena pemalu, nama Modiano tidak dikenal.

Modiano kini berhak mendapatkan uang satu koma satu juta dolar Amerika, selain penghargaan Nobel. Bagi pecinta buku, Modiano dianggap setara dengan penulis Haruki Murakami, sastrawan Ngungi Wa, asal Kenya atau Philip Roth asal Amerika Serikat.

Selama ini Nobel Sastra lebih banyak diraih penulis berbahasa Inggris, baru diikuti, Perancis dan Jerman. Modiano merupakan sastrawan Perancis ke sebelas yang meraih Nobel. Terakhir adalah Jean Marie Gustave Le Clezio, pada tahun 2008.indosiar.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki