ALA-ABAS dan Hilangnya Tanah

Foto: ojannad.blogspot.com
Beberapa orang kawan mengajak saya untuk menanggapi isu ALA-ABAS (Aceh Leuser Antara (ALA) dan Aceh Barat Selatan (ABAS), akan tetapi saya berpikir: bukankah sebelum menyatakan perang secara resmi terhadap sultan Aceh, bajak laut Belanda menelurkan isu pemekaran bagi rakyat Minang di Sumatera bagian tengah dengan dalih, mengapa harus membayar pajak kepda Aceh untuk perlindungan dari serangan negeri luar, lalu mereka pun memisahkan diri dari Aceh Darusslam.

Setelahnya, memang mereka tidak lagi membayar pajak untuk Aceh, akan tetapi itu bukan karena mereka berkuasa, namun karena semua harta mereka telah pun dikuasai oleh Belanda oleh karena Aceh tidak bertanggung jawab lagi untuk melindungi Minang karena telah memisahkan diri.

Begitupun penduduk di pantai barat, selatan, dan tengah Aceh itu sekarang, apabila nantinya terjadi pemisahan itu, mereka memang tidak akan diatur lagi oleh Aceh, itu bukan karena mereka miliki hak mengatur diri mereka sendiri sebagai propinsi, akan tetapi karena tidak ada lagi yang mereka bisa atur sebab semua tanah di sana dari pantai ke gunung telah pun menjadi milik perusahaan-perusahaan.

Bahkan semua penduduk pun membuat rumah di atas tanah perusahaan daripada orang-orang yang mengurus pemisahan ALA-ABAS dari wilayah Pemerintahan Aceh. Begitulah, surat-surat itu diubah tatkala pengubahan wilayah dari propinsi Aceh ke ALA-ABAS. Bersiaplah untuk kehilangan seluruh tanah warisan Anda, apabila Anda memilih ALA-ABAS sebagai propinsi.

Aceh di bagian utara dan timur tidak akan kehilangan apapun, akan tetapi yang pasti, penduduk ALA-ABAS akan kehilangan seluruh tanahnya. Musuh orang pantai barat selatan dan tengah Aceh adalah penduduk mereka sendiri yang menelurkan isu propinsi ALA-ABAS. Sejarah meninggalan pelajaran, maka selamatlah orang-orang yang mahu berpikir.

Oleh Thayeb Loh Angen
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki