Cendikiawan Aceh: Hasan Tiro Sastrawan Besar

Arkeolog-Sejarawan Asia Tenggara Dr Husaini Ibrahim (duduk menghadap meja, kanan), sejarawan Fauzi Tiro (berdiri), sejarawan Ramli (kiri) di dalam seminar kebudayaan bertajuk Hasan Di Tiro Seorang Sastrawan yang diperbuat oleh PuKAT (Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki), 3 Juni 2014 dalam rangka memperingat 4 tahun wafat Hasan Di Tiro. Foto: Ariful Azmi Usman.
Banda Aceh – Cendikiawan Aceh dari pihak akademisi, sejarawan, dan sastrawan menyatakan bahwa Pembaharu Aceh Hasan Di Tiro adalah seorang sastrawan besar setelah Tgk Chik Pante Kulu yang menulis Hikayat Prang Sabi.

Bedanya, Tgk Chik Pante Kulu memakai sastra klasik Aceh yakni hikayat, sementara Hasan Di Tiro memakai sastra modern, yakni drama dan bebagai curak lain. Kesamaannya, isi buku-buku berbentuk esai dan drama karya Hasan Di Tiro didasari oleh sejarah dan mengangkat ke-Acehan yang kuat sebagaimana Tgk Chik Pante Kulu.

Pernyataan tersebut disampaikan di dalam seminar memperingati 4 tahun wafatnya Hasan Di Tiro yang diperbuat oleh PuKAT (Pusat Kebudayaan Aceh Dan Turki) di Aceh Community Center (ACC) Sultan II Selim, 3 Juni 2014, di Banda Aceh.

Di dalam seminar yang dihadiri oleh puluhan tokoh masyarkaat dan mahasiswa, pemateri Dr Husaini Ibrahim, mengatakan, Hasan Di Tiro adalah kotak hitam sejarah Aceh yang menjadi inti daripada kebangkitan Aceh di zaman modern. Husaini menyatakan, buku-buku yang ditulis oleh Bapak Pembaharu Aceh tersebut sesuai dengan metodologi akademik.

Sastrawan TA Sakti menyampaikan melalui telpon melalui telepon karena tidak bisa menghadiri acara tersebut. Namun, dia meminta Fauzi Tiro untuk menghadirinya. Sastrawan nasional Arafat Nur pun sependapat dengan TA Sakti.

Selain dirinya memiliki karya sastra, Hasan Di Tiro memiliki keturunan sastrawan, yakni semenjak kakek dari Tgk Chik Di Tiro Syekh Muhammad Saman Di Tiro merupakan seorang ulama yang sastrawan. Maka Hasan Di Tiro sudah dari kakek dari kakeknya sastrawan, dan ianya adalah sastrawan besar,” kata TA Sakti.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki