Ulama Mesir: Peranan Aceh Utama dalam Penyebaran Islam di Asia Tenggara

Syeikh Abu Muaz Muhammed Abdul Hayy Uwainah, ulama dan staf pengajar dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir
Banda Aceh – Aceh memiliki peran utama dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara, yang dimulai sejak zaman Samudera Pasai. Mesir tahu bahwa Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Peran Aceh dalam Islam sangat penting.

Demikian kata pendakwah dari Mesir, Syeikh Abu Muaz Muhammed  Abdul Hayy Uwainah, manakala mengisi pengajian KWPSI (Kaukus Wartawan Peduli Syari’at Islam) di Rumoh Aceh, Jeulingke, Banda Aceh pada Rabu, 28 Mei 2014.

Dalam penyampaian staf pengajar Universitas Al-Azhar Kairo Mesir yang faqih ini yang diterjemahkan oleh Ustaz Muakhir Z, Abu Muaz mengatakan, apabila ingin berhasil dalam menegakkan syariat Islam secara kaffah di zaman ini, Aceh harus menyiapkan masyarakatnya terlebih dahulu.

“Penyiapan masyarakat lebih penting. Misalnya, di Uni Emira Arab (UEA) yang beribukota Dubai, manakala azan berlkumandang seluruh kegiatan dihentikan, penjaga kedai langsung ke masjid, kedainya ditinggalkan terbuka dengan tanda seutas tali. Tidak ada barang yang hilang di sana, tidak perlu dijaga,” kata Abu Muaz.

Ia membandingkan UEA dengan Arab Saudi, manakala azan berkumandang, pemilik kedai di negara haramain pun langsung ke mesjid, kedai dibiarkan terbuka, tetapi ada polisi yang menjaga kedai-kedai itu. Dalam hal ini masyarakat, kata dia, masyarakat UEA telah siap sendiri dengan Islam padahal tidak ada aturan tertulis dari pemerintah tentang itu.

“Kerelaan masyarakat sendiri jauh lebih penting daripada aturan pemerintah. Ini hanya bisa diperbuat apabila Aceh memiliki juru dakwah yang handal yang ikhlas menyerukan dan menegakkan Islam di wilayah Aceh,” kata Abu Muaz.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki