Ingin Merdeka, Venesia buat Referendum

Sekedar info, Venice ini di pakai sebagai set dan tempat syuting film Box Office The Tourist yg dibintangi Angelina Jolie dan Jhonny Depp. Foto: bayusp.blogspot.com
Roma - Penduduk negeri Venesia dan sekitarnya di Italia telah memberikan suara dalam polling online yang mendukung melepaskan diri dari negara Italia dan membentuk negara mereka sendiri.

Lebih dari dua juta penduduk dari wilayah Veneto mengambil bagian dalam survei selama seminggu, dengan 89 persen suara mendukung kemerdekaan dari Italia.

Suara online yang diselenggarakan oleh pihak kemandirian daerah, tidak mengikat secara hukum, tetapi bertujuan sebagai tahap awal referendum yang direncanakan.

Pendukung survei tersebut mengatakan bahawa Republik Veneto baru terinspirasi oleh republik Venetian kuno yang memiliki ekonomi, budaya dan kekuatan perdagangan yang kaya yang ada dari abad ketujuh sampai zaman Napoleon pada 1797.

Hasilnya diumumkan di Padua di hadapan ratusan aktivis pro kemerdekaan yang bersorak dan melambaikan bendera republik Venetian.

Partai The Indipendenza Veneta mengatakan bahawa gerakan pemisahan diri tersebut didasari oleh ketidakmampuan pemerintah Italia untuk membasmi korupsi, melindungi warganya dari beberapa hal penting.

Jajak pendapat pada plebiscito.eu meminta penduduk kota-kota bersejarah seperti Treviso, Vicenza dan Verona apakah - jika republik baru diciptakan - mereka pasti ingin menjaga euro dan milik Uni Eropa dan NATO.

Tapi presiden wilayah Luca Zaia mengatakan kepada wartawan asing bahwa pekan ini diselesaikan RUU referendum - yang harus disetujui oleh dewan daerah sebelum dibawa ke parlemen di Roma - "masih ada beberapa tahap yang dilakukan sebelum dibawa".

Kritik memprotes bahwa upaya untuk memisahkan diri dari Italia bisa menjadi inkonstitusional.
channelnewsasia.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki