Kakanwil Kemenkumham Aceh: Lapas Aceh Melahirkan Pendakwah


Dewan Syura KWPSI (Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam) Tarmizi A Hamid (kedua dari kanan) memberikan cenderamata kepada Kakanwil Kemenkumham, Fathlurrachman, SH, MM (tengah pakai batik), Rabu malam 19 Februari 2014, kedai Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Banda Aceh. Foto: Thayeb Loh Angen.
Banda Aceh –Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Aceh telah melakukan pembinaan yang baik untuk narapidana sehingga ada beberapa orang dari mereka yang menjadi pendakwah dan khatib setelah dibebaskan.

Demikian kata Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkumham (Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia), Fathlurrachman, SH, MM, dalam pengajian rutin KWPSI (Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam) bertema ‘Upaya Penyadaran dan Pembinaan Narapidana Menurut Ajaran Islam’, 19 Februari 2014, kedai Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Banda Aceh.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Hasan Basri M. Nur tersebut, Fathlurrachman mengatakan, bahwa lepasan Lapas tersebut dibina dari yang semula tidak bica membaca Al-Quran sampai menjadi penceramah agama setelah bebas.

Fathlurrachman menyetujui usulan dari penjabat Badan Dayah, Badaruddin, yang menawarkan bantuan berupa sosialisasi ke Lapas dalam bentuk majelis taklim dengan menghadirkan ulama Aceh, seperti yang dilakukan di lapas Lambaro oleh ulama dari Dayah Krueng Kale atas nama dayah.

“Penghuni Lapas di Indonesia lebih dari 50 persen berkasus narkoba dan itu lebih dari 50 orang Aceh. Saya sedih dengan kenyataan itu. Di Aceh, kami juga kewalahan. Sayang generasi muda Aceh. Kami mengharapkan agama menjadi solusinya. Pemindahan penghuni Lapas tidak ada biaya satu Rupiah pun,” kata Fathlurrachman.

Dalam bidang imigrasi, Kakanwil mengatakan bahwa sekarang pengurusan paspor selesai dalam tiga hari dengan pembayaran melalui BNI (Bank Negara Indonesia) sehingga tidak ada sogok menyogok lagi.

“Kami butuh dukungan dari semua pihak supaya kinerja kami lebih baik,” Kata Fatahlurrachman yang didampingi oleh Kepala Divisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muji Raharjo, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Adriansyah, Kepala Divisi Imigrasi M Nasir, Kepala Divisi Administrasi Irfan, dan lainnya.

Setelah pengajian selesai, Dewan Syura KWPSI, Tarmizi A Hamid memberikan cenderamata kepada Kakanwil Kemenkumham.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki