Ditemukan, Sumur Tembikar Kampung Pande Serupa Milik Tgk Chik Di Paloh

Sumur bercincin tembikar ditemukan di Kampung Pande, oleh Tim Peneliti Balai Arkeologi Medan yang diketuai oleh Ketut Wirdnyana atas permintaan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Banda Aceh, didampingi oleh Bidang Sejarah dan Arkeologi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh yang diketuai Teuku Zulkarnaini (Foto kiri baju merah), Jumat, 22 Februari 2014. Sumur dengan cincin tembikar serupa ditemukan di Cot Trieng, Lhokseumawe yang merupakan peninggalan Tgk Chik Di Paloh.
Banda Aceh - Sumur bercincin tembikar ditemukan di Kampung Pande, Banda Aceh, Jumat 22 Februari 2014. Penemuan tersebut berdasarkan penggalian oleh oleh Tim Peneliti Balai Arkeologi Medan yang diketuai oleh Ketut Wirdnyana dan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Banda Aceh.

"Masih banyak yang belum ditemukan. Proses penelitian arkeologis butuh waktu lama Ketut Wirdnyana. Sumur dengan cincin tembikar serupa yang kini ada di Cot Trieng, Lhokseumawe yang merupakan peninggalan Tgk Chik Di Paloh, ada kemunkginan satu zaman karena biasanya sebuah benda itu dibuat secara banyak,” kata Ketut Wirdnyana.

Menurutnya, benda artefak di Kampung Pande tidak mudah ditemukan karena diyakini tsunami telah menghantam tempat itu dalam waktu beberapa tahap.

“Penimbunan sampah dan semacamnya juga menyilitkan kita menemukan benda arkeologis yang terpendam. Tetapi yang pasti, sejak abad XIV di Kampung Pande sudah ada peradaban,” kata Ketut dalam penelitian yang didampingi oleh Bidang Sejarah dan Benda Purbakala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh.

Kepala Bidang Sejarah dan Benda Purbakala Dinas Kebudayaan Aceh, Teuku Zulkarnaini mengatakan, penelitian itu akan berlangsung beberapa hari lagi.

“Kami akan terus mendampingi Disbudpar Banda Aceh dan Badan Arkeologi Medan dalam penelitian ini,” Kata Zulkarnaini.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki