Hari Jilbab Dunia 1 Februari 2014 Libatkan Sejuta Peserta


Amerika Serikat - Peringatan untuk kedua kalinya Hari Jilbab Dunia (World Hijab Day) pada 1 Februari 2014 ini melibatkan sejuta peserta di seluruh dunia. Acara yang bertujuan meningkatkan kesadaran berjilbab sebagai hak kaum Muslimah dan mendidik publik tentang dasar penggunaan jilbab bagi wanita Islam.

”Saya sangat bangga dengan hijab. Saya menjalankan yang tertera dalam Al-Quran. Hijab menutupi kepala saya, bukan pikiran saya. Hijab menampakan kehormatan saya, bukan tubuh saya,” tulis seorang Muslimah Jerman, Zainab Warda Mohammed, di halaman Facebook World Hijab Day. Zainab menjadi satu dari sejuta peserta yang diharapkan bisa hadir dalam acara itu.

Kegiatan Hari Jilbab Sedunia pertama kali digagas  seorang wanita asal New York, Nazma Khan, untuk mendorong wanita non-Muslim untuk mengetahui lebih banyak tentang hijab dan pengalaman penggunanya.
Selain itu, Hari Jilbab Dunia juga dimaksudkan untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih baik dan melawan sangkaan buruk tentang pilihan berhijan para Muslimah.

Usulan Nazma pada tahun lalu mendapat dukungan dari seluruh dunia. Informasi grup ini dibuat dalam 22 bahasa. Khan juga dihubungi puluhan orang dari berbagai negara termasuk Inggris, Australia, India, Pakistan, Prancis, dan Jerman. Khan berharap kontroversi mengapa wanita Muslim memilih berhijab, bisa diatasi dengan membuka cara baru menumbuhkan pemahaman.

Pada peringatan tahun lalu, seorang mahasiswa asal Inggris Jess Rhodes, menjadi satu di antara ratusan peserta yang akhirnya berhijab setelah mengikuti World Hijab Day. Beberapa hari kemudian, ia memutuskan untuk mempelajari Al-Quran agar bisa memahami Islam dengan utuh. Dari sana ia menemukan kedamaian dan masuk Islam.mel/onislam.net/ddhongkong.org* 
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki