Baju Pintar Pertama di Dunia

Baju pintar pendektesi kesehatan pemakainya karya Cityzen Sciences, Prancis. (thinkstock)
Las Vegas - Perusahaan Prancis Cityzen Sciences memamerkan baju pintar yang dilengkapi pemindai untuk membaca panas tubuh, irama jantung, gerak dan tempat berbahan kain rajut.

Gilbert Reveillon, direktur internasional Cityzen, mengatakan, kain itu dapat digunakan untuk busana, sarung tangan, kemeja, celana, atau sebut saja yang mana. Itu kali yang pertama mereka berhasil menyatukan dua industri, memadukan alat sensor pada kain.

Alat sensor pada kemeja dapat menangkap data pemakainya dan memindah informasi itu melalui alat kecil bertenaga baterai yang dijahit tersembunyi pada merek. Materi itu dikembangkan secara bersama oleh tim olahraga Prancis dan industri kesehatan.

Buatan Cityzen tersebut mendapatka kehormatan sebagai temuan pertama dalam pertemuan puncak digital kesehatan. Dalam dua tahun, termasuk mencuci, baru memerlukan pengisian ulang baterai.

“Bahan pakaian pintar ini harganya 30 hingga 40 persen lebih mahal daripada kain biasa. Kain-kain itu diperkirakan akan masuk pasar akhir tahun ini. Akan mendunia baik sebagai pakaian kesehatan ataupun busana olahraga." kata Raveillon.

Perusahaan asal Perancis tersebut berencana menerapkan sensor mikro saat ini dan dalam waktu mendatang akan memakai sensor nano, pada kain apa pun.

Raveillon mengatakan, kecanggihan baju tersebut, misalnya, seorang anak yang memakainya, jika ibunya melihat detak jantung si anak meningkat dan suhu badan naik, maka ia bisa memanggil anaknya pulang, bahkan bisa mengawasi jalan yang ditempuh.antaranews.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki