3 Tokoh Aceh Termasyhur 2013

Banda Aceh - Organisasi kebudayaan dan perusahaan Yatsrib Baru yang menerbitkan www.peradabandunia.com mencari tahu siapa orang Aceh yang paling masyhur di tahun 2013.

Untuk bisa mengetahuinya, maka kami memeriksa nama siapa yang paling banyak disebut oleh media sepanjang tahun 2013. Sebutan karena apa saja diperhitungkan, baik itu dukungan ataupun hujatan. Penghitung bukan ingin mengetahui siapa yang paling disukai, tetapi siapa yang termasyhur.

Maka, kami mengambil beberapa nama dari kumpulan seniman, orang di dunia siasah, penjabat pemerintah, ilmuan, dan beberapa bidang lain yang menarik perhatian rakyat dan media, tidak termasuk yang disebutkan oleh www.peradabandunia.com.

Ternyata, Aceh yang baru beberapa tahun selesai berperang yang berakhir dengan perdamaian, belum memberikan peluang kepada orang selain dari dunia siasah untuk menempati tangga kemasyhuran.

Orang-orang siasah atau politik masih menjadi buah bibir yang hangat dan seksi walaupun dalam bincangan itu dimaki habis-habisan. Yang pasti, nama mereka masih menghiasi bibir sekalian orang.

Maka inilah angka dari hasil penelitian kami dengan menghitung nama orang yang disebutkan di dalam ratusan berita sepanjang tahun 2013 oleh beberapa media yang senantiasa mengabarkan apa saja yang terjadi di Aceh;

Pertama: Malik Mahmud Al-Haytar



Malik Mahmud Al-Haytar

Urutan pertama ditempati oleh Malik Mahmud Al-Haytar yang dikukuhkan sebagai Wali Nanggroe Aceh pada 17 Desember 2013 dengan nama kehormatan Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe. Ia meraih angka 247 dari 300 tulisan di media.

Lelaki yang merupakan salah seorang dari kawan Hasan Tiro ini adalah orang yang menadatangani perjanjian (MoU) perdamaian antara negara Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 15 Agustus 2005 di Helsinki, Finlandia atas nama GAM.

Kedua: Zaini Abdullah



Urutan kedua ditempati oleh dr. H Zaini Abdullah yang dilantik sebagai Gubernur Aceh pada tanggal 25 Juni 2012 bersama wakilnya Muzakir Manaf. Ia meraih angka 213 dari dari 300 tulisan di media.


Lelaki kelahiran Sigli, 24 April 1940 ini adalah Leadership Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sekaligus anggota Delegasi GAM dalam Perundingan Antara GAM dan Pemerintah Republik Indonesia di Helsinki-Finlandia tahun 2005 yang menghasilkan Kesepakatan Damai Bersama (MoU) Helsinki 15 Agustus 2005.


Ketiga: Muzakir Manaf



Urutan ketiga ditempati oleh Muzakir Manaf yang dilantik sebagai Wakil Gubernur Aceh pada 25 Juni 2012 bersama Gubernur Zaini Abdullah. Ia meraih angka 195 dari 300 tulisan di media.

Lelaki kelahiran Seuneudon, Aceh Utara pada tahun 1964 in merupakan Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) 2005 sampai sekarang sekaligus Ketua Umum Partai Aceh (PA) dari 2007 sampai sekarang.

Demikianlah hasil pencarian yang kami lakukan selama beberapa waktu untuk mencari tahu nama siapakah yang paling masyhur selama tahun 2013 menurut media yang senantiasa memberitakan tentang Aceh.*
 
Oleh Thayeb Loh Angen, aktivis kebudayaan
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki