2 Triliun untuk Darurat Pangan 2014

Hatta Rajasa, Menko Bidang Perekonomian RI
Jakarta - Menko Bidang Perekonomian RI, Hatta Rajasa mengatakan pemerintah menyiapkan belanja darurat pangan dan cadangan beras senilai Rp 2 triliun. Belanja tersebut untuk siap siaga apabila terjadi puso, bencana alam, dan gagal panen.

"Banjir Jakarta membuat hantaran beras menjadi tertahan yang berakibat harga beras naik Rp 100 - Rp 200 per kg di tingkat pasar induk. Namun, persediaan cukup. Kenaikan harga tersebut hanya bersifat sementara," kata Hatta di sela-sela inspeksi ke Pasar Induk Beras Cipinang, Rabu (22/1/2014)..

Kepala Perum Bulog, Sutarto Alimoeso mengatakan, cadangan beras di Bulog hingga saat ini masih di atas 2 juta ton. Sepanjang Januari ini Bulog sudah melakukan operasi pasar untuk stabilisasi pasokan sebesar 4.800 ton. Beras operasi pasar dari Bulog berjenis IR 3. Pedagang pasar induk mendapat beras tersebut dengan harga Rp 6.900 per kg, kemudian menjualnya lagi dengan harga Rp 7.100 per kg.

"Setiap tiga bulan, Bulog juga rutin memasok beras ke area terpencil (remote area). Yang kita salurkan untuk bencana alam, gratis, melalui Pemda sudah lebih dari 720 ton, seperti untuk Sinabung, dan banjir Jakarta," kata Ali.kluget.com
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki