Sejumlah Negara Hadiri Peringatan Tsunami Aceh ke 9

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh, Drs. Adami, MPd
Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh mengadakan peringatan detik-detik terjadinya bencana dahsyat gempa dan tsunami yang menghancurkan sebagian Aceh pada tahun 2004 silam dengan korban jiwa lebih dari 200.000 orang.

“Peringatan tsunami kali ini berpusat di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Agenda ini untuk mengenang kembali terjadinya musibah gempa dan gelombang tsunami yang maha dahsyat menimpa Aceh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh, Drs. Adami, MPd, Minggu  21 Desember 2013, di Banda Aceh.

Adami menjelaskan bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh alim ulama, tokoh masyarakat baik yang berada di Aceh maupun luar Aceh, pemerintah baik pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, Perwakilan lembaga donor dan NGO dalam dan luar negeri.

“Kelompok wisatawan dari negara Malaysia dan tamu dari Pemerintah Jepang sudah melakukan konfirmasi untuk menghadirinya. Akan hadir juga tokoh dari berbagai agama dan masyarakat umum pada 26 Desember nanti,” ungkap Adami.

“Saya mengharapkan kepada semua SKPA maupun unsur Pemerintah Kota Banda Aceh dapat berpartisipasi aktif untuk menyukseskan agenda peringatan tsunami ini. Peringatan akan diawali pada tanggal 25 Desember 2013 adalah Penanaman Pohon di sekitar kota Banda Aceh,” kata Adami.

Acara tersebut, kata Adami, diisi dengan renungan malam tsunami bertempat di halaman Kantor Walikota Banda Aceh juga pameran photo. Kemudian, kata dia, pada tanggal 26 Desember 2013 pukul 07.00 WIB melakukan ziarah ke makam syuhada tsunami di Ule Lheue, Banda Aceh.

“Pada jam yang sama dilaksanakan zikir bersama di Lapangan Blang Padang sampai dengan pukul 08:00 WIB. Selanjutnya upacara peringatan detik-detik tsunami akan dimulai pada pukul 08:00 Wib sampai dengan selesai,” kata Adami.suryadi
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki