Film 'The Lost City' Iringi Seminar Arkeologi Koin Emas

Banda Aceh – Menjawab kesimpangsiuran pendapat tentang penemuan koin emas Kesultanan Aceh Darussalam dan Emperium Turki Utsmani pada 11 Nopember 2013 di Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT) mengadakan Seminar Arkeologi Antar Bangsa dengan tema ‘Menguak Misteri Koin Kesultanan Aceh Darussalam dan Emperium Turki Utsmani di Aceh.’

Demikian kata aktivis kebudayaan, Thayeb Loh Angen, dalam sebuah diskusi dengan pegiat kebudayaan. Menurutnya, seminar tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 28 Nopember 2013 mulai pukul 14:00 sampai dengan selesai. Seminar ini, kata dia, disampaikan oleh arkeolog Dr Husaini Ibrahim, MA dan Deddy Satria.

“Dalam seminar ini kita putar sebuah film dokumenter berjudul ‘The Lost City – Sosialisasi Kampung Pande yang Tidak Dipedulikan,’ karya Tuanku Alwin, produksi tahun 2006. Kita langsungkan acara ini di Aceh Community Center (ACC) Sultan II Selim sebagai mitra utama PuKAT,” kata Thayeb, di Banda Aceh, Senin 25 Nopember 2013.

Menurutnya, seminar tersebut telah direncanakan beberapa waktu lalu. Namun, kata dia, baru kini ada kecocokan waktu antara pemateri dan panitia.

“Seminar ini terbuka untuk umum, dan gratis. Dengan ini kita mengundang siapa saja yang tertarik dengan sejarah dan benda arkeologi warisan indatu,” kata Thayeb.pd
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki