Malam ini, Grup Seudati Tanglong Donya Nagan Tampil di Panggung Utama PKA 6

Grup Seudati dari Nagan Raya Aceh ‘Tanglong Donya’ pimpinan Syeh Teh berlatih dalam persiapan mengikuti Festival Seudati Se-Aceh dalam PKA (Pekan Kebudayaan Aceh) ke 6, 20-29 September 2013. Latihan ini dilaksanakan pada 20-24 September di kantor PuKAT (Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT), Banda Aceh.
Peradaban Dunia, Banda Aceh – Malam ini, 25 September 2013, Grup Seudati dari Nagan Raya ‘Tanglong Donya’ pimpinan Syeh Teh tampil di panggung utama dalam festival Seudati Se-Aceh dalam PKA (Pekan Kebudayaan Aceh) 6. Dalam seleksi untuk mengikuti PKA 6 tiga bulan lalu, secara mengejutkan, Grup Seudati Tanglong Donya menyingkirkan pemenang Piala Gubernur.

“Kami ingin tampil maksima, makanya datang ke Banda Aceh lebih awal dari pertunjukan ini, kami tiba di sini pada 19 September  dan latihan penyempurnaan selama beberapa di kantor PuKAT (Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki), Banda Aceh, selama 20-24 September,” kata Syeh Yon, pimpinan grup tersebut, di banda Aceh, (25/9/2013).

Syeh Yon mengatakan, terpilihnya Tanglong Donya sebagai pemenang seleksi sesuai dengan harapan masyarakat Nagan Raya yang ingin ada grup lain yang muncul. Syeh Yon mengaku, dalam memimpin grup tersebut, ia ditemani oleh Syeh Teh yang juga merangkap aneuk syahi.

Seorang tokoh pemuda Nagan Raya yang juga anggota Tanglong Donya, Rafsanjani, mengatakan, grup yang merupakan pengembangan dari grup Rapai Saman (geleng) yang berdiri puluhan tahun lalu ini, baru pertama kali mengikuti sesksi Seudati ke PKA. Sebelumnya, kata dia, selalu diikuti oleh grup pemegang piala gubernur yang baru tersingkir dari seleksi.

“Generasi sebelum kami dipimpin Syeh Sabirin, saat itu grup kami bernama Linto Po Banja, telah menampilkan Rapai Saman (geleng) di Spanyol, Amerika, Arab Saudi, dan Malaysia, serta beberapa kota di Indonesia. Kalau seksi rapai di generasi kami, sering ikut PKA dan event lain di Aceh, tapi grup Seudati, baru ini kami bawa ke tingkat Aceh, dengan menyisihkan pemegang Piala Gubernur,” katanya.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki