Dua Mestro Seumapa Hibur Ribuan Pengunjung PKA 6

Dua mestro Seumapa Syeh Seuman Buket dan Syeh Rusli menarik perhatian ribuan pengunjung Pekan Kebudayaan Aceh yang digelar di jamboe apresiasi seni anjungan Kabupaten Bireuen Kamis malam 27 September 2013 di PKA IV di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.
Peradaban Dunia, Banda Aceh - Dua mestro "Seumapa" menarik perhatian ribuan pengunjung Pekan Kebudayaan Aceh yang digelar di jamboe apresiasi seni anjungan Kabupaten Bireuen Kamis malam 27 September 2013 di PKA IV di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Seumapa atau yang sering disebut seni tutur  berbalas pantun dalam kebudayaan aceh itu biasanya dilakukan dalam menerima mempelai wanita atau pria di saat mengatar kedua mempelai.

Dua mestro tersebut yakni, Syeh Seuman Buket dan Syeh Rusli membuktikan kemampuannya dapat membuat ribuan pengunjung PKA 6 terhibur. Seumapa yang disampaikan oleh keduanya selain membahas tentang agama Islam juga keduanya sesekali mencoteh dengan bahasa aceh yang kocak.

Ribuan pengunjung pun tak beranjak dari anjungan Kabupaten Bireuen, untuk menikmati seumapa itu.

Seumapa berbahasa Aceh, yang dibawakan oleh syeh Rusli merupakan dari pihak mempelai pria sedangkan Syeh Seuman Buket dari pihak wanita dalam berbalas pantun sebelum mempelai pria diterima oleh pihak dari wanita.

Dimalam ke 7 pegelaran PKA 6 , kabupaten Bireuen menyuguhkan penampilan kususnya di jamboe apresiasi seni diantaranya, Haflah Qur'an, Shalawat Badar, Seumapa, Marhaban,  Penarikan undian dan  Zikir Maulid.

"Untuk malam ini pemkab Bireuen kusus menampilkan seni seni yang bersyiar islami," kata Kabag Humas dan pertokoler Pemkab Bireuen, Farhan Husen.suryadi

Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki