Sikapi Pembantaian di Mesir, 23 Ormas Islam di Aceh Surati Presiden SBY

Simbol Rab'ah (angka 4) cetusan Presiden Turky Recep Tayyip Erdogan, dijadikan sebagai Simbol Keteguhan dan Perlawanan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan. Simbol 4 jari dan hashtag #R4BIA ini sudah ramai dipakai oleh pengguna social media (twitter, fb) mulai Sabtu kemarin. #R4BIA menjadi simbol keteguhan, kekuatan, perlawanan dan persatuan. Rab'ah berarti 4, maka simbolnya jari angka 4.
Selasa 20 Agust 2013, 23 Ormas Islam adakan aksi di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh
 

Peradaban Dunia, Banda Aceh - Dalam kondisi gejolak politik di Mesir yang semakin tidak menentu dan korban pembantaian oleh militer Mesir yang semakin bertambah, Aliansi Ormas Islam Aceh dalam rapat di Mesjid Al-Makmur Lampriet, Banda Aceh, (Ahad/18/8/2013), menyepakati untuk mengirim surat desakan kepada Presiden RI untuk mengambil sikap tegas.

Surat tersebut juga ditembuskan ke seluruh Gubernur Se-Indonesia dan juga ke lembaga-lembaga di Aceh, seperti DPRA, MPU, MAA dan lain-lain. Salah satu poin isi surat tersebut adalah agar presiden SBY mendesak Pemerintahan Militer Mesir untuk menghentikan segala bentuk kekerasan dalam menyelesaikan konflik di Negara tersebut. “Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap apa yang terjadi di Mesir,” tandas Tgk Hasanuddin Yusuf Adan, ketua Dewan Dakwah Aceh (lampiran surat ke SBY)
.
Selasa Akan Adakan Aksi Solidaritas dan Baca Qunut Nazilah
Selain itu, dalam pertemuan para perwakilan ormas Islam tersebut juga disepakati untuk melakukan Aksi Solidaritas Mesir pada hari Selasa, 20 Agustus 2013 mendatang di Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

“Kita undang seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung setelah shalat Ashar. Kami berharap masyarakat banyak bisa bergabung dalam aksi solidaritas ini. Jangan kita menjadi umat yang tidak peduli kepada derita sesame.

Aksi ini akan diisi dengan orasi dan juga dilanjutkan do’a sekaligus pencanangan pembacaaan Qunut Nazilah dalam setiap shalat wajib baik personal maupun berjamaah,” ujar M. Yusran Hadi,  Ketua Majlis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh, salah satu pimpinan ormas Islam yang hadir.

Dalam kesempatan itu, ormas Islam kompak menghimbau kepada seluruh rakyat Aceh guna melakukan Qunut Nazilah demi kedamaian dan ketentraman ummat Islam di Mesir. “Selain sudah membentuk Posko responsif Mesir jilid II, kita juga sudah membagikan selebaran berisi Do’a Qunut Nazilah untuk Mesir ke mesjid-mesjid dan mushalla/meunasah di Banda Aceh dan Aceh Besar, juga ke seluruh Aceh melalui pengurus cabang untuk dibacakan selalu dalam setiap shalat ummat Islam Aceh baik shalat personal maupun berjamaah,” pungkas Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, M. Fadhil Rahmi.

Untuk diketahui, Qunut Nazilah adalah doa yang diucapkan untuk menolak kezaliman musuh-musuh Islam dan menghindarkan diri dari berbagai fitnah serta musibah. Doa Qunut diucapkan pada setiap shalat fardhu, yaitu ketika I’tidal setelah ruku’ pada rakaat terakhir.  “Qunut Nazilah adalah suatu hal yang disyariatkan dan amat disunnahkan ketika terjadi musibah dan kezaliman. MPU perlu menyerukan pembacaan qunut nazilah di seluruh Aceh,” tambah Tgk . Nasruddin, Ketua BKPRMI Aceh.

Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan Ormas Islam di Aceh, antara lain, Basri A.Bakar (DKMA), M. Yusran Hadi (MIUMI), Hasanuddin Yusuf Adan (Dewan Dakwah Aceh), M. Fadhil Rahmi (IKAT-Aceh), Said Azhar (Dewan Dakwah Aceh), Miswar Sulaiman (DMI Aceh), Asnawi M. Amin (NU Aceh), Yusbi Yusuf (Mesjid Agung Al-Makmur Lamprit), Suardi Saidi (Muhammadiyah Aceh), Nasruddin (BKPRMI Aceh), Abdullah (Hidayatullah Aceh), Mubashirullah (IKAT-Aceh), M. Ali Hijrah (FPI Aceh), Agus Ar (HTI Aceh), Teuku Zulkhairi (Rabithah Thaliban Aceh) dan lainnya.

Kordinator aksi: M. Fadhil Rahmi, Lc | Ketua IKAT dan alumnus Univ. Al-Azhar, Mesir.

Lampiran Surat ke Presiden RI SBY

Bismillahirrahmanirahim
Kepada Yth:
Bapak Presiden Republik Indonesia
Di Jakarta
Assalamualaikum Wr Wb
Menyikapi kebiadaban yang dilakukan oleh militer terhadap ummat Islam di Negara Mesir, dan mengingat jasa Mesir sebagai satu-satunya Negara paling awal mengakui kemerdekaan Indonesia, Aliansi Organisasi Islam Aceh mendesak Presiden Republik Indonesia agar mengambil sikap sebagai berikut:
1.     Mendesak Pemerintahan Militer Mesir untuk menghentikan segala bentuk kekerasan dalam menyelesaikan konflik di negara tersebut.
2.     Mendesak PBB agar segera menyelesaikan konflik yang terjadi di Mesir
3.     Menyerukan kepada OKI (Organisasi Konfrensi Islam) untuk ikut serta peduli dan mengambil bagian dalam penyelesaian Konflik Mesir, Syiria dan negara-negara berpenduduk Islam Lainnya.
4.     Mengecam dan mengutuk pembantaian ummat Islam di Mesir, Syiria, Burma (Rohingya) dan negara-negara yang berpenduduk Islam lainnya
5.     Mengirim pasukan perdamaian demi melindungi rakyat sipil di Mesir dan Negara-negara Islam Lainnya
6.     Menyerukan kepada ummat Islam seluruh Indonesia untuk melaksanakan Qunut Nazilah selama pembantaian masih terjadi di Mesir, Syiria, Burma khususnya dan Negara-negara berpenduduk Islam lainnya secara umum.
Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja nyata bapak Presiden kami haturkan terima kasih

TTD
Aliansi Ormas Islam Aceh
1.     Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh     
2.     MIUMI Aceh                                            
3.     DMI Aceh                                       
4.     DKMA Aceh                                            
5.     Hidayatullah Aceh
6.     Per. Keluarga Besar PII Aceh
7.     FPI Aceh
8.     ‘Adnin Foundation Aceh
9.     Ikatan Penulis Santri Aceh
10.                        Rabithah Thaliban Aceh (RTA)
11.                        PB Alwashliyah Aceh
12.                        Pemuda Dewan Dakwah Aceh
13.                        BKPRMI Aceh
14.                        IKAPDA
15.                        KAMMI
16.                        PB Inshafuddin
17.                        Dewan Dakwah Aceh
18.                        IKADI Aceh
19.                        PB Nahdhatul Ulama (NU) Aceh
20.                        Wahdah Islamiyah Aceh
21.                        DPW Muhammadiyah Aceh
22.                        PII Aceh
23.                        Ikatan Siswa Kader Dakwah Aceh (ISKAD)

Sumber: Rilis
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki