Munawar A Jalil: Hapuskan Pendidikan HAM di Aceh, Masukkan Spiritual

PPengajian KWPSI. Foto: Serambi | Arif Ramdan
Peradaban Dunia, Banda Aceh – Kurikulum pendidikan di Aceh harus memasukkan nilai-nilai spriritual dengan baik. Aceh haru menghindari kesalahan yang dilakukan oleh Barat. Mereka mencetak intelektual  banyak dalam seluruh disiplin ilmu, namun spiritual mereka kering.

Demikian kata Dr Munawar A Jalil dalam mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di kedai kopi Rumoh Aceh, Jelingke, Banda Aceh, Kamis 1 Mei 2013. Menurutnya, pendidikan spriritual yang menyeluruh bisa menyelesaikan perkara moral di Aceh.

“Yang sangat membahayakan kini, para pendukung HAM (Hak Asasi Manusia –red) telah memasukkan program ke dalam struktur pendidikan di Aceh. Itu akan merusak Islam dari dalam sehingga orang Aceh harus mencegahnya,” kata Munawwar dalam pengajian yang dihadiri wartawan senior dan berbagai media.

Dalam pengajian bertema ‘peran tauhid menuju spiritualitas pendidikan; tersebut, Munawwar menegaskan bahwa KWPSI harus mendorong dimasukkannya nilai-nila spriritual dalam pendidikan di Aceh.

 “Kita harus hidupkan jasmani dan rohani agar kehidupan kita seimbang. Pendidikan tauhid yang benar sangat perlu agar bisa melahirkan karakter ikhlas dan jujur dalam diri kita. Spiritual adalah kunci membangun Aceh luar dan dalam,” kata lelaki yang kini menjabat Kabid Bina Hukum Dinas Syariat Islam Aceh.

Seorang peserta pengajian tersebut, Thayeb Loh Angen, menyetujui agar istilah HAM dihapuskan dari Aceh. Menurutnya, HAM adalah agama baru yang diciptakan oleh barat untuk mengacaukan agama yang sudah ada dan sistem hukum di negara Timur.

“Barat terlambat mencetuskan HAM, kita masih ingat apa yang mereka lakukan semasa Perang Aceh,” kata Thayeb yang merupakan pengrus Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki (PuKAT).

Sebaimana diketahui,  pengajian di tempat tersebut telah beberapa waktu dilaksanakan oleh kolektor manuskrip Aceh Tarmizi A Hamid. Lalu nonaktif beberapa waktu karena beberapa kendala. Baru  setelah KWPSI didirikan pada 13 Desember 2012 pengajian itu berlanjut secara rutin setiap Rabu malam.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki