Aceh akan Galang Dana Bangun Tugu Sastra Asia Tenggara Hamzah Fansuri

Syekh Hamzah Fansuri Alfarisi
P Ramlee
Peradaban Dunia, Banda Aceh – Kalangan seniman dan tokoh pemuda Aceh berencana melangsungkan ‘Malam Penggalangan Dana Pembangunan Tugu Sastra Asia Tenggara Hamzah Fansuri’ pada Rabu 26 Juni 2013 di Banda Aceh. Peraih rekor MURI baca hikayat selama 26 jam, Muda Balia, akan tampil di acara ini.

Ketua panitia, Zulfadli Kawom, mengatakan, acara tersebut dilaksanakan sebagai penghormatan kepada ulama besar pembangun bahasa Melayu, Hamzah Fansuri. Kata dia, sumbangan besar bangsa Aceh kepada semenanjung Melayu adalah bahasa.

“Bahasa inilah yang telah memajukan peradaban Melayu Raya dalam bidang pendidikan, khususnya dunia sastra. Selain itu, bahasa ini juga sebagai bahasa diplomasi antar etnik yang hidup di semenanjung dan nusantara,” kata Zulfadli.

Menurutnya, secara terus menerus, anak bangsa Aceh membangkitkan dan memajukan syair-syair berbahasa Melayu. Yang di zaman ini, kata dia, P Ramlee dan Bob Rezal.


“Selain beberapa orang ulama Aceh yang mengarang kitab berbahasa Jawi atau Melayu, tokoh inilah yang telah membuat bangga orang Aceh perantauan di semenanjung. Setelah tiga generasi itu, inilah saatnya kita mengikuti jejak mereka, yakni, Hamzah Fansuri, P Ramlee, dan Bob Rezal,” kata Zulfadli.

Tokoh pemuda Aceh, Imran Samudera Pase, mengatakan, dirinya terpangil untuk ikut dalam setiap acara yang menyangkut tentang budaya dan sejarah Aceh. Apalagi, kata dia,  Syech Hamzah Fansuri Alfarisi adalah ulama pembangun sastra Melayu yang sangat ia kagumi.pd
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki