Satpam Banda Aceh Pakai Baju Adat dan Pedang di HUT 808, DPRK Setuju

Satpam memakai baju adat dan pedang Aceh pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh ke 808, Selasa, 22 April 2013. Foto: Suryadi.
Banda Aceh, Peradaban Dunia - Puluhan satpam dan pegawai di ruang lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh memakai baju adat dan pedang Aceh dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh ke 808 yang jatuh pada tanggal hari Selasa, 22 April 2013.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Edi Ariansyah, mengaku sangat setuju bila di Banda Aceh setiap satpam menggunakan baju adat. Hal itu dikatakannya seusai sidang paripurna istimewa dalam rangka memperingati hari HUT kota.

“Sejarah membuktikan bahwa pengawal para raja Aceh menggunakan baju adat, maka sudah sepentasnya Aceh saat ini punya warna tersendiri dalam adat, seperti satpam menggunakan baju adat, walau tidak setiap jam kerja, bisa pada hari hari tertentu," akunya.

Menurut perwakilan Partai Aceh di DPRK ini, Aceh dari dulu kental dengan adat istiadat, dari sikap kepribadian sampai tata cara berpakaian.

“Kita bisa juga melihat bagaima Bali, di sana mereka sudah ada  Pecilang, jadi bila di Bali ada Pecilang dan Aceh mungkin bisa kita cari nama lain," anjurnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, menggunakan baju adat dengan fasilitas pedang Aceh itu kreatifitas kalangan penjaga keamanan (satpam) dan beberapa pegawai di ruang lingkup pemko.

“Satpam menyambut tamu dengan berbaju adat, baru pertama kali di lakukan di Banda Aceh dan belum ditentukan secara resmi,” kata Reza.

Ia mengharapkan ke depan, seluruh pegawai pemerintah sudah menggunakan baju Aceh di setiap kegiatan hari hari besar di Banda Aceh.

“Pakaian adat mampu mencerminkan suatu yang baru dalam tata cara sambut tamu. Ini menjadi salah satu ciri Banda Aceh model kota madani dan kota pusaka,” kata Reza.suryadi
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki