Ratusan Etnik Rohingya Tewas di Laut, Ratusan Lagi Terdampar di Aceh


Etnik Rohingya yang selamat terdampar di Cot Trueng, Bungkah, Krueng Mane, Aceh Utara, Selasa, 26 Februari 2013. Foto: Doc. Teungku Raman
Peradaban Dunia, Aceh - 118 orang etnik Muslim Rohingya terdampar di Gampong Cot Trueng, Mukim Bungkah, Krueng Mane, Aceh Utara. Ratusan lainnya terdampar di Tambon, Kecamatan Dewantara, di kabupaten sama. Selebihnya dikabarkan 96 orang Rohingya meninggal semua di tengah laut karena kelaparan.

“Mereka kami rawat dengan baik. Kami membantu mereka sebisanya dengan memberikan makanan, selimut, dan keperluan mendesak lainnya,” kata Teungku Raman, seorang tokoh masyarakat di sana, Selasa, 26/2/2013) pukul 11.50 WIB melalui telepon seluler.

Tokoh Krueng Mane lainnya, Zulfadli Kawom, mengatakan, keadaan orang Rohingya amat menyedihkan.
“Ini pertanda solidaritas Islam lemah, kenapa sampai ada umat Islam yang bisa terusir dari tanah kelahirannya sampai tewas di laut dan terdampar ke negeri lain,” kata Zulfadli.
Save Rohingya

Sementara seorang intelektual Turki, Mehmet Ozay, beberapa waktu lalu menulis dalam artikelnya bahwa di antara negeri yang baik menerima Rohingya adalah Aceh.

“Penduduk dunia harus merujuk ke Asia Tenggara, khususnya Aceh dalam hal membantu saudara sesama Islam,” tulisnya dalam artikel yang dipublikasikan di media online berbahasa Turki.

Orang jangan hanya melihat Palestina, tapi Rohingya sangat penting diselamatkan, tulis Mehmet Ozay.

"Indonesia, Malaysia sebagai negara terdekat punya tanggung jawab besar dalam menyelamatkan Rohingya. Ini adalah tanggung jawab dunia Islam," tulis lelaki yang menghadiri konferensi Internasional di Malaysia dan Turki pada akhir 20112.tla
Share on Google Plus

About Peradaban Dunia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

PuKAT Aceh Turki